Figure Blog

3 Alasan Customer Service Berpengaruh buat User Software Ritel dan Inventori

29 Apr 2024

Selalu berurusan dengan keluhan dan kendala pelanggan, customer service jelas bukan pekerjaan yang mudah. Mereka yang ada di customer service adalah garda terdepan untuk menjaga citra usaha sekaligus membantu pelanggan tetap puas.

Namun, tidak hanya untuk bisnis saja, customer service memegang peranan kunci terhadap pelanggan yang menggunakan jasa atau produk dari bisnis tersebut. Apa saja pengaruh mereka?

3 Alasan Customer Service Berpengaruh buat User Software Ritel dan Inventori

1. Memfasilitasi Konsultasi dan Demo

Software atau aplikasi yang berkaitan dengan ritel dan manajemen persediaan barang mungkin memiliki cara kerja dan fitur yang belum banyak dipahami.

Untuk itu, pihak pengembang biasanya menyediakan fasilitas konsultasi yang memudahkan calon pengguna untuk mengetahui bagaimana aplikasi tersebut bisa membantu mereka dalam keseharian usaha mereka.

Di sisi lain, customer service dari pihak pengembang juga menyediakan fasilitas demo sehingga pelanggan bisa mengetahui cara kerja setiap fitur yang ada dan bagaimana itu berpengaruh terhadap pengelolaan persediaan barang mereka.

2. Membantu Proses Onboarding

Meski tersedia fasilitas konsultasi dan demo, ada beberapa pengguna yang memutuskan langsung menggunakan aplikasi manajemen inventori dan ritel yang tersedia.

Ketika mereka pertama kali menggunakannya, mereka biasanya akan mengalami kebingungan dalam penggunaannya, terlebih bila aplikasi tersebut punya learning curve yang tinggi.

Disinilah customer service bisa membantu beberapa pengguna ini. Mereka akan membantu pengguna dalam proses onboarding sehingga setiap pengguna bisa terbiasa dalam menggunakan aplikasi tersebut, terlebih lagi bila mereka baru pertama kali menggunakan aplikasi untuk usaha mereka.

3. Menangani Kendala Sistem

Kendala dalam sistem aplikasi, seperti errormaintenance, sampai bug akan selalu ada, sesempurna-sempurnanya sebuah aplikasi.

Oleh karena itu, kehadiran customer service akan siap menampung segala kendala, keluhan, dan komplain yang pengguna rasakan dalam menggunakan aplikasi.

Pihak customer service akan selalu mendengarkan semua keluhan yang pengguna alami dan segera menyampaikannya ke pihak pengembang atau pihak terkait lainnya agar kendala sistem yang sifatnya sangat teknis bisa diperbaiki secepat dan sebaik mungkin.

Kesimpulan

Tanpa customer service yang sigap, responsif, dan fokus pada pelayanan, pengguna mungkin tidak akan puas dengan aplikasi yang mereka gunakan.

Karena itu, Onstock selalu mengedepankan pelayanan customer service yang selalu siaga dalam melayani keluhan setiap Stockers sehingga kamu tetap bisa menangani usaha dan persediaan barangmu tanpa kendala yang berarti!

Contact Us