Figure Blog

3 Cara Bikin Manajemen Inventori Lebih Optimal agar Pengiriman Barang Bisa Lebih Cepat!

25 Oct 2022

Siapa di antara Stockers di sini yang selalu berharap paket atau produk yang dibeli sampai dalam waktu kilat? Pastinya kalian sangat menunggu-nunggu paket kamu tiba dalam waktu singkat bukan?

Hal ini juga dirasakan oleh para pelanggan kamu, Stockers!

Agar pengiriman barang bisa lebih cepat dan nggak bikin pelanggan kamu menunggu, mulailah dari mengoptimalkan manajemen inventori kamu dengan beberapa cara berikut ini!

3 Cara Optimalkan Manajemen Inventori agar Pengiriman Barang Lebih Cepat!

1. Tetapkan Teknik Standar untuk Manajemen Inventori 

Setiap proses manajemen inventori membutuhkan teknik standar yang akan membantu kamu mengatur dan mengelola setiap stok barang yang ada.

Ada beberapa teknik standar yang biasa digunakan untuk manajemen inventori: FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out), JIT (Just In Time), dan Average 

Ketiga cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan bisnis kamu dan mana yang paling cocok untuk proses bisnis kamu.

Namun, sangat disarankan agar kamu menerapkan teknik FIFO, terlebih lagi ketika kamu baru memulai bisnis.

Pasalnya, teknik ini adalah salah satu teknik yang paling banyak digunakan oleh beragam jenis bisnis dan alur kerjanya lebih mudah diikuti dan dipahami. Selain itu, teknik ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan barang terbaru kepada pelanggan, sehingga lebih cepat dikirim dan terjamin kualitasnya.

Seorang Perempuan Melakukan Manajemen Inventori

Sumber: Freepik.com

2. Selalu Gunakan Sistem yang Mumpuni

Apalah sebuah manajemen inventori yang memiliki teknik standar namun tak memiliki sistem yang memadai, praktis, dan mumpuni.

Agar penerapan teknik standar manajemen inventori ini bisa lebih maksimal dan membantu proses pengiriman barang yang lebih cepat, kamu harus menggunakan sistem manajemen inventori yang memadai.

Dengan sistem yang memadai dan mumpuni, kamu bisa mengelola jumlah barang yang tersedia di gudang dan mengatur mana yang sedang dikirim kepada pelanggan.

Kamu juga dapat mengatur perpindahan barang dalam gudang kamu dengan lebih mudah dan cepat, memungkinkan dilakukannya pengiriman barang yang lebih cepat kepada pelanggan.

Kamu pun dapat mengetahui semua data inventori secara akurat dan real time dan mengetahui tingkat penjualan dalam periode tertentu. Data ini akan membantu kamu untuk melakukan analisa prediktif. Artinya, kamu akan mampu memprediksi penjualan yang akan datang berdasarkan data penjualan yang tersedia.

3. Miliki Lebih Dari Satu Gudang

Jika memang kamu merasa bahwa bisnismu sudah bisa berkembang lebih luas lagi, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki dan mengoperasikan lebih dari satu gudang.

Memiliki lebih dari satu gudang di beragam lokasi berbeda akan membantu bisnis kamu untuk melayani beragam lokasi dengan lebih mudah. Proses pengiriman barang dengan lebih ringan dan cepat karena kamu cukup melakukan pengiriman barang ke lokasi yang terdekat dari salah satu gudang.

Di samping itu, kamu nggak harus memberikan beban yang berlebihan di satu gudang saja untuk melayani pesanan barang dari berbagai lokasi. Pengiriman barang pun nggak harus terpusat di satu gudang.

Kesimpulan

Pengiriman barang yang lebih cepat kepada setiap pelanggan kamu nggak hanya bergantung pada pilihan kurir yang tersedia di lapangan.

Pengiriman barang yang lebih cepat juga bergantung pada manajemen inventori bisnis yang lebih optimal.

Oleh karenanya, sebelum mengalihkan fokus kepada pilihan kurir, mulailah terlebih dahulu optimalkan manajemen inventori bisnis kamu sebagai langkah awal untuk memulai pengiriman barang yang lebih cepat kepada pelangganmu!

Contact Us