Figure Blog

3 Cara Mudah Dapatkan Tambahan Modal Bisnis tanpa Harus Pinjam ke Bank atau Orang Lain!

3 Aug 2022

Ketika ingin memperoleh modal tambahan untuk memulai atau mengembangkan bisnis ke tahap lebih lanjut, apa tindakan yang pertama terbersit di kepala kamu?

Meminjam ke bank, teman, atau keluarga mungkin adalah tindakan pertama yang muncul di kepala untuk kamu lakukan.

Cara ini memang umum, tapi risikonya pun perlu diperhatikan.

Ketika kamu meminjam ke bank, kamu berisiko untuk gagal bayar sehingga harus berhadapan dengan utang bank dan berujung pada penyitaan aset-aset yang kamu miliki.

Ketika kamu meminjam ke keluarga, kamu juga berisiko gagal bayar. Namun, ketika gagal bayar, kamu bisa menyebabkan hubungan dengan keluarga atau teman merenggang apabila kamu nggak mampu membayar utang yang kamu punya.

Tapi, kamu nggak harus selalu berpaling ke bank, keluarga, atau teman untuk memperoleh pinjaman atau modal bisnis. Beberapa cara di bawah ini tergolong lebih aman dan mudah untuk membantu kamu memperoleh modal bisnis!

1. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending adalah sebuah cara baru dan inovatif untuk memperoleh modal bisnis tambahan.

Cara kerjanya sendiri sangat sederhana: Alih-alih meminjam dari bank, kamu bisa memperoleh pinjaman atau modal dari masyarakat umum. Sebagai pemilik bisnis, kamu cukup mendaftarkan bisnis kamu di layanan peer to peer lending.

Setiap informasi dapat dipakai masyarakat sebagai pemberi pinjaman untuk mempertimbangkan apakah mereka akan memberikan pinjaman. Pemilik bisnis sebagai penerima pinjaman harus mengelola modal tersebut dengan baik untuk mengembangkan bisnisnya.

Apabila bisnis yang dikelola pemilik bisnis berhasil untung atau berkembang, maka pemberi pinjaman akan menerima return atau keuntungan dari modal yang mereka pinjamkan. Biasanya, tingkat return-nya lebih besar daripada tabungan atau deposito bank.

Ketika ingin mencari pinjaman di layanan peer to peer lending, kamu perlu memberikan informasi yang transparan dan lengkap tentang bisnis kamu. Pastikan usahamu punya prospek yang baik untuk meyakinkan masyarakat agar mereka bisa memberikan pinjaman untuk pengembangan bisnis kamu.

2. Ikut Kompetisi

Cara menarik lainnya untuk memperoleh modal tambahan untuk memulai atau mengembangkan bisnis kamu adalah dengan ikut berbagai kompetisi bisnis.

Melalui partisipasi di berbagai kompetisi bisnis, kamu tentunya bisa memperoleh hadiah dalam bentuk uang atau modal tambahan bila berhasil memenangkannya.

Jika bisnis kamu tergolong atraktif dan potensial, kamu bisa mendapat bimbingan lebih dari para juri dan diajak untuk bertemu dengan investor potensial.

Di samping modal tambahan, kamu bisa lebih banyak memahami bisnis kamu dan belajar dari para peserta lain. Kamu bisa banyak berdiskusi dan bertukar pikiran dengan mereka dan sedikit banyak belajar tentang bisnis mereka.

Lebih dari itu juga, kamu pastinya akan bertemu dengan para juri dan pelaku bisnis yang bisa menambah insights kamu lebih dalam dan luas, memungkinkan kamu memperluas cakrawala kamu dalam mengembangkan bisnis.

Dalam setiap tahapnya, masukkan dan kritik mereka soal bisnis kamu adalah bahan yang penting dalam proses pengembangan bisnis kamu ke depannya. Jiwa entrepreneurship kamu dapat lebih terasah dan siap dalam menghadapi ketatnya kompetisi!

3. Business Incubator

Business incubator adalah sejenis organisasi yang membantu kamu untuk mengembangkan ide bisnis kamu hingga menjadi lebih matang dan siap dalam berbisnis.

Business incubator memberikan beragam jenis layanan dan program, seperti coaching dan mentoring, networking, hingga berujung pada funding atau pendanaan dari berbagai investor. Kamu pun juga akan disediakan workspace khusus apabila kamu berhasil diterima ke dalam business incubator.

Selain berbagai kelebihan di atas, selama perjalanan kamu di business incubator, kamu dapat mengembangkan bisnis kamu dengan lebih fokus dan terarah. Kamu pun bisa banyak bertukar pikiran dengan orang-orang yang berpengalaman yang sudah terjun ke bisnis selama bertahun-tahun.

Efeknya, kamu bisa mengembangkan dan mematangkan potensi dan keunikan bisnis kamu sehingga kamu dapat menyajikannya kepada para investor potensial yang siap menyuntikkan uangnya untuk bisnis kamu.

Kesimpulan

Memperoleh pinjaman dari bank, teman, maupun keluarga memang merupakan cara yang klasik dan bisa dibilang paling banyak digunakan ketika ingin mendapat suntikan modal atau pinjaman untuk mengembangkan bisnis.

Namun, zaman berubah, dan kini sudah tersedia lebih banyak alternatif untuk kamu sebagai pebisnis dalam memperoleh pinjaman dengan lebih mudah dengan risiko yang lebih rendah!

Contact Us