Customer service bukan cuma tentang mengangkat telepon, mendengarkan komplain atau pertanyaan mereka, lalu menjawabnya.
Customer service adalah tentang sistem yang andal yang bisa membantu kamu menangani setiap pelanggan dengan tepat dan nggak asal-asalan.
Agar kamu dapat memberikan pelayanan yang lebih prima melalui customer service, kamu butuh untuk membuat customer service plan sebelum memulai usaha kamu!
Customer service plan adalah sebuah rencana yang menyeluruh terkait dengan bagaimana kamu dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan mengelola keinginan dan komplain pelanggan terhadap usaha kamu.
Customer service plan perlu dikembangkan dengan matang selayaknya business plan agar kamu bisa punya standar yang pasti dan tepat dalam mengelola pelanggan yang membutuhkan bantuan atau ingin mengajukan komplain.
Keberadaan customer service plan dapat memberikan rencana dan cara yang jelas tentang membangun komunikasi dan relasi yang solid dengan pelanggan kamu.
Sumber: Freepik.com
Seiring perjalanan usahamu, jumlah pelanggan yang berhubungan dengan usahamu tentu akan semakin banyak. Hal ini juga menandakan jumlah pelanggan yang menghubungi customer service kamu akan semakin bertambah.
Disinilah customer service plan yang matang punya peran yang krusial. Customer service plan yang matang akan membantu kamu merancang sistem customer service yang mampu menangani lebih banyak pelanggan dengan cara dan prosedur yang lebih efisien.
Alhasil, customer service kamu nggak akan lagi kewalahan walau jumlah pelanggan yang komplain atau ingin bertanya semakin banyak.
Sesuatu sesederhana customer service yang memuaskan dapat memberikan suatu usaha lebih unggul dalam bersaing di industrinya.
Salah satu contoh terbaik mengenai hal ini? Bank BCA.
Dengan pelayanan yang dikenal begitu total, mulai dari pelayanan di tempat hingga customer service-nya, bank BCA banyak dianggap sebagai bank dengan pelayanan terbaik di Indonesia.
Semua jajaran, mulai dari satpam hingga manajer bank dikenal akan dedikasi dan totalitasnya dalam melayani setiap nasabah. Nggak mengherankan bukan bila bank BCA lantas diingat karena customer service-nya yang luar biasa?
Dengan customer service plan, staf kamu akan memiliki berbagai prosedur standar yang telah dikembangkan dengan matang untuk menangani setiap pelanggan dan masalahnya masing-masing.
Setiap masalah akan dapat diselesaikan dengan cara yang lebih jitu dan nggak memakan waktu.
Seiring dengan waktu, kamu juga akan menemukan masalah yang serupa terus-menerus. Hal ini akan membantu kamu mengembangkan prosedur standar baru untuk menangani masalah tersebut hingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah.