Figure Blog

3 Kiat Kelola Invoice Tanpa Sakit Kepala!

10 Nov 2021

Salah satu barang yang pasti bakal kamu temui selama mengelola usaha adalah invoice alias faktur. Barang ini bakal menghiasi meja kerja kamu dan dijamin akan jadi salah satu sumber sakit kepala kamu. Apalagi, jika kamu memiliki banyak transaksi kredit, entah yang baru yang dibayar sebagian atau belum dibayar sama sekali. Faktur ini hilang, dan kerugian jadi hal yang pasti kamu terima.

 

 

Tapi tenang. Jangan takut-takut lagi kalau harus urus kertas transaksi yang  satu ini. Kami punya beberapa kiat buat kamu agar kepala kamu nggak sakit lagi saat kelola faktur!

 

1. Jadikan Digital

Era serba digital semakin tidak bisa dihindari kehadirannya. Pelan tapi pasti, teknologi di era digital mampu mengubah segala yang sifatnya fisik menjadi digital dan virtual. Salah satunya? Invoice. Dengan aplikasi dan software yang mumpuni seperti Onstock, kamu nggak lagi perlu urus faktur yang berlembar-lembar dan berantakan di laci-laci dan dokumen kamu. Cukup beberapa kali klik, invoice sudah jadi dan bisa langsung dikirimkan dalam hitungan detik. Pelanggan juga nggak dikenakan biaya admin saat membayar invoice dan semua pembayaran invoice bisa kamu pantau langsung di akun kamu.

 

2. Data yang Lengkap

Invoice yang baik bukan sekadar berisi informasi seperti produk yang dijual, harga, informasi pembelinya, tetapi juga lengkap dan punya informasi krusial yang berkaitan dengan invoice, seperti nomor invoice, tanggal invoice, hingga syarat dan ketentuan pembayaran yang detil serta tanggal penagihan kepada pembeli. Semua informasi ini penting dan perlu kamu input ke dalam sistem atau aplikasi.

 

3. Buat Jadwal Penagihan Invoice

Penagihan invoice ada baiknya selalu kamu jadwalkan agar selalu teratur dan tepat waktu. Jika pelanggan membeli produk kamu dalam jumlah dan biaya yang besar, kamu bisa mempermudah pembayarannya dengan mencicil penagihan per bulan atau per minggu. Namun, selalu ingat untuk mendiskusikan ketentuan pembayaran dan tanggal penagihan dengan pelanggan kamu agar mereka bisa lebih siap untuk melunasi pembayaran mereka dan tidak terbebani untuk membayar kepada bisnis kamu.

 

Sudah bukan zamannya lagi kamu sakit kepala karena kelelahan dan kewalahan kelola invoice. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat dan ketelitian saat pengelolaannya, kamu dijamin lebih mudah untuk mengatur invoice buat usaha kamu. Selamat mengelola invoice!

Contact Us