Figure Blog

3 Tips Mempertahankan Pelangganmu dengan Produk Baru!

27 Mar 2024

Persaingan super ketat dalam dunia usaha bikin setiap usaha berlomba-lomba mengeluarkan sumber daya sampai percobaan yang hebat untuk bikin pelanggannya tetap betah terhadap produk mereka.

Hal-hal seperti loyalty programfree sample, sampai pelayanan super nyaman digelontorkan demi membuat pelanggan tidak lari ke kompetitor.

Menariknya, da satu cara yang mungkin saja tidak terpikirkan ketika sebuah usaha mencoba mempertahankan pelanggannya, yaitu merilis produk baru. Cara ini bisa bikin pelanggan tetap bertahan sebagai pelanggan setia. Tapi, bagaimana kamu bisa membuat produk baru yang bikin pelanggan betah?

3 Tips Mempertahankan Pelangganmu dengan Produk Baru!

1. Bikin Produkmu Lebih Bernilai

Seorang pelanggan ingin hidupnya jadi lebih mudah dan baik dengan kehadiran produkmu. Ketika kamu merilis produk baru, kenyataan ini tidak boleh kamu lupakan begitu saja.

Membuat hidup pelangganmu jadi lebih positif di masa depan memerlukan produk yang punya nilai tambah. Saat produkmu sebelumnya bisa menjawab kebutuhan pelanggan namun masih kurang punya value, kamu bisa mulai kembangkan produk terbaru dengan value tambahan yang lebih baik.

Value tambahan bisa berarti fitur baru, bahan baku yang baru, sampai hal-hal baru yang memperbaiki kekurangan dari produk sebelumnya.

2. Lanjutkan Keberhasilan yang Sudah Kamu Raih

Ketika pelangganmu sudah menyukai produk sebelumnya yang sudah dibeli, cobalah bikin variasi lain yang lebih menarik dan baru dibandingkan produk sebelumnya.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kamu tidak perlu merubah sesuatu yang tidak rusak. Meski itu ada benarnya, namun dalam hal mempertahankan pelanggan, kamu harus menciptakan sesuatu yang baru dan variatif agar pelanggan tetap tertarik membeli produkmu.

Sebabnya, setiap produkmu selalu punya peluang atau gap yang bisa kamu temukan untuk dimanfaatkan sebagai potensi pengembangan produk terbaru.

3. Siapkan Sistem Penunjang yang Solid

Menciptakan produk terbaru berarti kamu membutuhkan cara dan sistem yang lebih baik lagi sehingga produkmu bisa dihasilkan dengan minim kecacatan atau kesalahan.

Tanpa sistem dan cara kerja yang solid, mustahil rasanya untuk bikin pelanggan jatuh cinta dengan produk barumu. Bila ada lebih banyak kekurangan dari produk barumu, besar kemungkinan pelanggan kabur dari usahamu dan memilih menggunakan produk dari kompetitor.

Kesimpulan

Produk baru harus jadi sesuatu yang bikin excited pelangganmu. Namun, lebih dari itu, produk baru juga harus bikin pelangganmu punya seribu alasan untuk tetap membeli produkmu dan enggan lari ke kompetitor.

Contact Us