Figure Blog

3 Tips Mengelola Bisnis Secara Efektif dengan Pegawai yang Kurang atau Belum Berpengalaman!

18 Apr 2023

Ketika kamu baru memulai bisnis kamu, besar kemungkinan kamu dibantu oleh beberapa pegawai yang masih kurang atau belum berpengalaman.

Hal ini memang jadi tantangan tersendiri buat bisnis kamu. Pasalnya, pegawai yang minim pengalaman cenderung suka melakukan kesalahan dan seringkali kebingungan.

Tapi jangan takut ya, Stockers! Dengan pegawai yang masih kurang atau belum berpengalaman pun kamu tetap mampu mengelola bisnis secara efektif!

3 Tips Mengelola Bisnis Secara Efektif dengan Pegawai yang Kurang atau Belum Berpengalaman

1. Sederhanakan Sistem dan Produk Kamu

Agar mempermudah proses kerja dan kinerja para pegawai kamu, maka jangan bebankan mereka dengan sistem kerja dan variasi produk yang terlalu banyak dan rumit.

Coba sederhanakan sistem kerja atau standar operasional prosedur usaha kamu. Hal ini akan membantu mereka memahami dan menjalankan prosedur kerja dengan lebih mudah.

Selain itu, bila variasi produk yang kamu jual kamu rasa terlalu banyak, kamu bisa mengurangi pilihan atau variasi produk yang kamu punya. Kondisi ini akan memudahkan mreka untuk mengenali setiap produk yang kamu punya sehingga nggak menimbulkan kebingungan.

Pada akhirnya, dengan penyederhanaan sistem dan pilihan produk, para pegawai kamu akan mampu melayani pelanggan dengan lebih cepat dan mudah. Seiring waktu yang berlalu dan pengalaman yang terus bertambah, kamu bisa mulai menyesuaikan sistem kerja dan pilihan produk baru.

2. Latih Mereka dengan Cara yang Tepat

Pelatihan menjadi salah satu cara yang pasti harus kamu lakukan untuk meningkatkan keahlian dan membiasakan mereka dalam pekerjaan mereka.

Namun, pelatihan tanpa mengetahui cara pelatihan yang tepat adalah sia-sia. Pasalnya, metode pelatihan untuk pegawai nggak ada yang one size fits all atau satu metode yang cocok untuk semua pegawai. Setiap pegawai perlu dilatih dengan pendekatan dan metode yang berbeda.

Untuk itu, kenali terlebih dulu kepribadian dan perilaku mereka. Perlahan kamu akan menemukan metode pelatihan yang sesuai untuk mereka dan benar-benar mampu membuat mereka bertumbuh.

3. Kenali Kekuatan Mereka

Sebagai pemilik usaha, cobalah untuk kenali kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing pegawai atau staf kamu.

Setiap dari mereka punya kekuatan unik masing-masing yang perlu kamu rawat dan tumbuhkembangkan. Dari sini, kamu bisa mengetahui posisi atau tanggung jawab apa yang cocok dengan kekuatan mereka.

Dari sana, kamu bisa menempatkan mereka pada posisi yang lebih sesuai dengan kekuatan yang mereka punya. Pada akhirnya, usaha kamu akan bekerja sebagai suatu unit yang mampu memberikan pelayanan maksimal buat pelanggan.

Contact Us