Figure Blog

3 Tips Mudah "Mencuri" Pelanggan dari Kompetitor di Tengah Ketatnya Persaingan Usaha!

13 Oct 2023

Perkembangan yang masif dalam dunia usaha membuat beberapa usaha dan brand untuk menggelontorkan sejumlah modal dan usaha pemasaran yang besar untuk menggaet pelanggan-pelanggannya.

Untuk kamu yang baru memulai usaha atau sedang menjalankan usaha kecil sendiri, kamu tidak perlu berkecil hati dengan jumlah pelanggan yang usaha-usaha tersebut miliki. Kamu bisa menambah jumlah pelangganmu dengan "mencuri" pelanggan mereka! Bagaimana caranya? 

3 Tips Mudah "Mencuri" Pelanggan dari Kompetitor!

1. Berikan Pelayanan yang Lebih Baik

Kekecewaan atau ketidakpuasan pelanggan dari sebuah brand adalah peluang yang mesti kamu manfaatkan sepenuhnya untuk menariknya membeli produkmu.

Oleh karenanya, ketika kamu memasarkan bahwa produk dan pelayananmu lebih baik dari brand yang sudah membuat pelanggan tersebut kecewa, kemungkinan besar pelanggan tersebut akan mampir ke usahamu.

Ketika mereka menjejakkan kaki di tokomu, itulah saatnya kamu mewujudkan layanan dan produk yang sudah kamu janjikan.

Pelayanan yang sifatnya personal, produk yang unik, aftersales yang membantu dan responsif adalah bentuk-bentuk pelayanan yang akan membantu pelanggan tersebut pindah hati ke kamu.

Tugas kamu selanjutnya adalah mempertahankan dan terus meningkatkan level pelayanan dan produk yang kamu punya.

2. Fokus pada Kekuatanmu

Salah satu cara termudah untuk mengungguli usaha pesaing dan memperoleh pelanggannya adalah dengan menemukan kelemahan mereka.

Namun, cara ini bisa menjadi bumerang buat usahamu karena bisa-bisa kamu akan cenderung fokus pada kelemahan pesaing, bukan fokus mengembangkan kekuatan dan keunggulan dari usahamu sendiri. Pada akhirnya, keunggulanmu tidak akan bisa maksimal dan bertahan lama.

Oleh karenanya, lebih baik kamu fokus pada kekuatan dan keunggulan dari usahamu saja.

Kamu bisa bandingkan keunggulanmu dengan keunggulan pesaingmu. Tunjukkan bahwa dengan keunggulanmu, pelanggan akan bisa memperoleh lebih dari produkmu bila dibandingkan dengan produk pesaing.

3. Kenali Mereka dengan Total

Jangan lupa untuk mengenal dan memahami pelanggan yang ingin kamu "curi" secara menyeluruh.

Kenali kebiasaan, gaya hidup, dan perilaku mereka. Cari tahu apakah kamu bisa menjawab masalah mereka dengan produkmu. Pelajari apakah pelanggan yang kompetitor miliki serupa dengan target pasar yang kamu sasar.

Jangan sampai kamu salah mengambil pelanggan. Hal ini akan merugikanmu secara jangka panjang.

Kesimpulan

Meski kamu butuh usaha atau modal lebih untuk memperoleh pelanggan yang berasal dari pesaingmu, tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa tips di atas.

Beberapa cara tadi bisa menjadi alternatif kalau kamu memang ingin memperoleh pelanggan dengan cara merebutnya langsung dari kompetitor.

Contact Us