Figure Blog

3 Tren Packaging Produk Ini Berpotensi Terjadi di Masa Mendatang

27 Feb 2023

Kemasan produk, seiring berjalannya waktu, kini lebih dari sekadar untuk mengemas produk saja.

Kemasan produk kini menyediakan beragam fungsi dan value tersendiri untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Oleh karenanya, tren mengenai packaging atau kemasan produk nggak akan pernah berhenti berkembang.

Lantas, di masa yang mendatang, tren kemasan produk seperti apa yang berpotensi muncul?

3 Tren Packaging Produk yang Berpotensi Terjadi di Masa Mendatang

1. Kemasan Produk Personalized

Setiap pelanggan memiliki selera dan preferensinya tersendiri. Bukan hanya soal produk yang dijual, tetapi juga kemasan produk yang dipakai untuk mengemas produknya.

Oleh karenanya, kemasan produk di masa depan berpotensi untuk dirancang dan dibuat jadi lebih personal dan kustom. Hal ini akan membuat produk dan kemasan produk jadi lebih spesial dan menambah nilai jual dan daya tarik.

Kemasan-kemasan produk seperti untuk kado, hadiah, hingga untuk momen tertentu bisa dirancang dan disesuaikan dengan selera pembeli atau penerima produknya.

2. Kemasan Produk yang Ramah Lingkungan

Kemasan produk yang sustainable dan eco-friendly adalah jenis kemasan produk yang paling mungkin akan terjadi di masa depan.

Pasalnya, kondisi lingkungan dan alam semakin terdampak oleh berbagai bahan baku kemasan produk yang mencemarkan lingkungan. Hal ini mendorong banyak usaha untuk memakai bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan demi mengurangi dampak bahan kemasan produk terhadap lingkungan.

Menggunakan beberapa bahan seperti kertas hingga kardus memudahkan lingkungan untuk mengurainya. Selain itu, kamu juga bisa memakai berbagai bahan baku kemasan seperti dari bahan alam, meski hal ini membutuhkan teknologi yang sedikit lebih mahal untuk memproduksinya.

3. Smart Packaging

Kemasan produk yang lebih baik nggak hanya dilihat dari segi desain atau bahan baku yang lebih ramah lingkungan, tetapi juga bagaimana fungsinya bisa lebih dimaksimalkan. Karena alasan ini, smart packaging bisa berpotensi banyak digunakan di masa depan.

Smart packaging sendiri menekankan penggunaan RFID hingga QR code untuk membantu tracking paket oleh penjual.

Di samping itu, kemasan produk seperti ini juga membantu penjual untuk memuat informasi penting seperti loyalty program, kupon diskon, hingga informasi penting mengenai produknya, membuat penjual bisa meningkatkan engagement dengan pelanggannya. 

Contact Us