Figure Blog

4 Cara Memanfaatkan Utang Usaha dengan Jitu dan Cerdas agar Usaha Kamu Berkembang!

9 Mar 2023

Ketika mendengar soal pinjaman usaha, mungkin kamu akan memikirkan dua hal: Sesuatu yang bisa membantu usaha kamu untuk bangkit atau justru sebaliknya, menjadi utang menumpuk dan justru menyeret usahamu jatuh.

Apabila kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, kemungkinan terjadinya kondisi kedua akan sangat minim bahkan nggak ada. Kamu pun akan bisa membawa usaha kamu semakin bangkit dan berkembang.

Tapi, bagaimana caranya memanfaatkan utang atau pinjaman usaha dengan jitu dan cerdas sehingga usaha kamu benar-benar bisa bertahan dan berkembang?

4 Cara Memanfaatkan Utang atau Pinjaman Usaha dengan Jitu dan Cerdas!

1. Kembangkan Produk yang Kamu Punya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dengan utang atau pinjaman usaha yang kamu peroleh adalah menggunakannya untuk mengembangkan produk yang kamu punya.

Cara mudahnya adalah dengan mengembangkan produk yang tergolong best seller. Kalau penjualan produk kamu cukup merata, maka baiknya gunakan utang atau pinjaman usaha tersebut untuk mengembangkan produk yang punya potensi ke depannya.

Dengan melakukan ini, kamu bisa meningkatkan penjualan produk kamu dan membuat pendapatan usaha kamu meningkat. Nantinya, pendapatan dari  ini bisa kamu manfaatkan untuk mencicil dan melunasi utang usaha kamu dan sisanya kamu bisa pakai untuk mengembangkan usahamu untuk ke depannya.

2. Lakukan Ekspansi dengan Tepat

Ada peralatan yang kamu butuhkan? Ingin upgrade sistem atau proses tertentu dalam usaha kamu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih banyak?

Gunakan saja utang atau pinjaman usaha kamu untuk hal-hal tersebut!

Selama hal tersebut adalah hal yang produktif dan bisa membawa usaha kamu selangkah lebih maju, hal tersebut nggak ada salahnya.

Yang terpenting adalah kamu sudah melakukan perhitungan yang tepat dan menentukan bahwa hal tersebut memang benar-benar kamu butuhkan.

Seorang Laki-laki Memikirkan Utang atau Pinjaman Usaha

Sumber: Freepik

3. Belanja Kebutuhan dengan Harga Miring

Kalau pemasok atau vendor kamu sedang menyediakan diskon atau memberikan harga miring buat bahan baku yang kamu butuhkan, jangan lewatkan kesempatan ini.

Dengan utang atau pinjaman usaha yang kamu peroleh, kamu bisa membelinya dengan harga yang lebih terjangkau.

Kondisi ini akan membantu kamu memperoleh keuntungan lebih besar karena biaya bahan baku kamu jadi lebih rendah untuk beberapa waktu ke depan.

4. Perbaiki Arus Kas Usaha

Utang atau pinjaman usaha yang kamu peroleh bisa kamu pakai juga apabila arus kas kamu mulai melambat dikarenakan banyaknya transaksi yang belum dibayarkan pelanggan kepada kamu.

Bila kondisinya seperti ini, utang atau pinjaman usaha bisa kamu manfaatkan terlebih dahulu untuk memutar arus kas kamu, membuatnya jadi positif dan lebih lancar lagi.

Selama kamu meminjamnya, kamu bisa sembari menagih pembayaran dari pelanggan kamu. Ketika tiba waktunya melunasi utang atau pinjaman, kamu bisa melunasinya tepat waktu dan kemungkinan besar sudah memperoleh pembayaran dari tagihan yang terlambat dibayarkan pelanggan kamu.

Contact Us