Figure Blog

4 Cara Menagih Invoice Penjualan dengan Mudah dan Tetap Profesional!

7 Nov 2022

Menagih invoice penjualan kepada pelanggan adalah salah satu hal yang cukup tricky.

Di satu sisi, kamu ingin memperoleh hasil penjualan kamu kepada pelanggan tersebut. Di sisi lain, kamu nggak ingin menyinggung pelanggan tersebut ketika kamu melakukan penagihan.

Agar proses menagih invoice penjualan bisa mudah namun tetap menjaga profesionalitas hubungan kamu dan pelanggan kamu, 4 cara ini bisa kamu terapkan!

4 Cara Menagih Invoice Penjualan dengan Mudah dan Tetap Profesional

1. Periksa Invoice dengan Detail

Sebelum melakukan penagihan invoice, pastikan agar invoice nggak tertukar dengan invoice pelanggan lainnya.

Setelahnya, periksalah informasi invoice dengan detail. Pastikan setiap produk yang pelanggan beli, nominal harga, hingga jatuh tempo pembayaran sudah sesuai.

Hal ini perlu dilakukan agar miskomunikasi dan kebingungan nggak terjadi. Bila terjadi, kondisi ini akan memengaruhi hubungan kamu dengan pelangganmu.

2. Kirimkan Reminder

Ketika sudah menjelang waktu jatuh tempo pembayaran, kirimkanlah reminder berupa email kepada pelangganmu atau hubungi mereka dengan telepon.

Kalau kamu memutuskan mengirimkan email sebagai reminder, sampaikanlah konten invoice dengan singkat dan jelas. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tetap profesional, sedekat apapun hubunganmu dengan pelangganmu.

Ketika mengirimkan reminder melalui email, jangan lupa juga untuk menyertakan invoice asli di bagian attachment.

Tagihan Invoice

Sumber: Freepik.com

3. Sediakan Beragam Metode Pembayaran

Seringkali, salah satu penyebab seorang pelanggan nggak melakukan pembayaran dengan tepat waktu adalah minimnya informasi terkait metode pembayaran atau minimnya ketersediaan beragam metode pembayaran.

Sebagai pemilik bisnis, selalu sertakan informasi yang ringkas namun detail terkait metode pembayaran. Beritahukan juga metode pembayaran apa saja yang tersedia untuk pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan pun nggak akan dilanda kebingungan saat kamu menagih pembayaran invoice.

4. Hitam di Atas Putih

Cara terakhir agar kamu bisa menagih invoice penjualan dengan lebih mudah adalah dengan membubuhkan hitam di atas putih.

Menggunakan kontrak kerja sama yang ditandatangani bersama dan berada di bawah naungan hukum akan membantu kamu menagih invoice dengan lebih mudah.

Berbagai potensi konflik pun jadi lebih mudah ditangani dan dikelola apabila kamu memiliki kontrak atau bentuk kerja sama yang resmi. Kamu nggak harus berdebat dengan pelanggan untuk urusan tagihan invoice yang belum dilunasi.

Contact Us