Figure Blog

4 Cara Mudah Menekan Customer Acquisition Cost agar Bisnismu Bisa Dapat Pelanggan tanpa Boros Biaya!

19 Oct 2022

Sama seperti mempertahankan pelanggan lama, memperoleh pelanggan baru adalah suatu usaha yang membutuhkan biaya. Namun, akan jauh lebih mahal untuk memperoleh pelanggan baru dibandingkan mempertahankan pelanggan lama.

Agar kamu bisa memperoleh pelanggan baru tanpa perlu boros biaya, saatnya kamu mengenal customer acquisition cost dan bagaimana menekannya jadi jauh lebih murah!

Mengenal Customer Acquisition Cost

Customer acquisition cost adalah estimasi atau dugaan biaya yang perlu dikeluarkan oleh suatu bisnis untuk memperoleh pelanggan baru.

Customer acquisition cost adalah metrik yang membantu kamu untuk mengetahui apakah biaya yang sudah dikeluarkan sepadan dengan hasil yang didapat, yang mana dalam konteks ini, yang didapat adalah pelanggan baru.

Manfaat Customer Acquisition Cost

Customer acquisition cost adalah salah satu metrik yang membantu kamu mengetahui apakah strategi dan usaha pemasaran yang sudah kamu terapkan berjalan sukses.

Saat customer acquisition cost kamu justru membengkak dan bertambah tinggi, artinya terdapat kesalahan atau kurangnya efektivitas dalam penerapan strategi dan usaha pemasaran dalam bisnismu.

Ketika hal ini terjadi, maka kamu perlu untuk mulai merencanakan beragam cara dan strategi untuk menurunkan customer acquisition cost sebaik mungkin.

Bagaimana Caranya Menghitung Customer Acquisition Cost?

Cara menghitug customer acquisition cost secara sederhana dan cepat adalah dengan menggunakan rumus berikut ini:

Customer acquisition cost: Penjualan + Biaya pemasaran / Jumlah pelanggan

Perhitungan ini dapat kamu lakukan untuk jangka waktu yang spesifik, misalkan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan atau 1 tahun.

Secara garis besar, rumus ini tergolong sederhana. Namun, yang cukup memakan waktu dan tenagamu adalah proses menghitung seluruh biaya pemasaran yang kamu lakukan.

Ilustrasi Menekan Biaya

Sumber: Freepik.com

4 Cara Menekan Customer Acquisition Cost

1. Bertanya kepada Pelanggan

Menanyakan kepada pelanggan darimana mereka mengetahui bisnis kamu adalah salah satu cara yang tepat untuk mulai mengetahui channel pemasaran yang tepat dan mulai menyusun rencana untuk menurunkan customer acquisition cost.

Tentunya, kamu nggak perlu bertanya kepada setiap pelanggan yang datang. Kumpulkan saja sampel kecilnya dan kamu sudah bisa menyimpulkan darimana orang-orang mengetahui bisnis kamu.

Dari hasil survei kecil-kecilan kamu, maka kamu bisa menentukan mana channel pemasaran yang bisa kamu fokuskna untuk benar-benar bisa memperoleh pelanggan dengan biaya yang lebih murah. 

2. Fokus pada Peningkatan Value Produk

Value adalah apa yang akan menjadi trigger atau magnet seseorang untuk menggunakan produk kamu.

Apabila produk kamu nggak memiliki value apapun untuk meningkatkan kualitas hidup atau menjawab kebutuhan pasar, maka jangan harap mereka membeli produkmu.

Untuk itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apa yang benar-benar pasar ingin dan butuhkan. Lakukan survei, tanyakan apa yang perlu ditingkatkan dan apa fitur yang bisa bermanfaat dari produk kamu bagi pasar.

3. Menggunakan Teknik Pemasaran yang Murah

Menerapkan pemasaran nggak selamanya mahal.

Kini, ada begitu banyak teknik pemasaran yang memudahkanmu untuk melakukan pemasaran dengan biaya yang murah.

Kamu bisa menerapkan beragam teknik pemasaran, mulai dari word of mouth marketing yang mengandalkan informasi positif dari mulut ke mulut hingga menggunakan direktori bisnis seperti Google Business Profile untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnismu di Google Maps.

4. Gunakan Social Proof

Riset yang dilakukan oleh Podium, penyedia tools untuk pertumbuhan dan manajemen bisnis, mengungkapkan: 47% orang akan rela membayar lebih untuk membeli produk dari suatu bisnis apabila bisnis tersebut memiliki review yang positif.

Oleh karenanya, baiknya kamu kerahkan usahamu untuk mendongkrak peroleh review positif dari pelanggan kamu.

Fokuslah berikan pelayanan yang unik dan terbaik, sajikan customer experience yang positif, produk yang valuable dan memuaskan, hingga pelayanan kritik dan komplain yang responsif dan membantu. Hanya dengan begitu, kamu bisa mendorong orang secara alamiah untuk memberikan review positif.

Kesimpulan

Kamu nggak perlu khawatir bila memperoleh pelanggan baru membutuhkan biaya yang nggak sedikit.

Cara-cara di atas bisa membantu kamu menurunkan customer acquisition cost sehingga nggak banyak membebani bisnis kamu dan membantu kamu memperoleh pelanggan dengan lebih murah!

Contact Us