Figure Blog

4 Perubahan Kegiatan Operasional Bisnis yang Manjur Tingkatkan Keuntungan!

9 Sep 2022

Demi meraih keuntungan sebesar-besarnya, sebuah bisnis butuh perhitungan yang cermat.

Perhitungan tersebut nggak hanya berdasarkan bagaimana usaha kamu untuk menjual produk sebanyak-banyaknya saja, tetapi bagaimana bisa mengubah dan meningkatkan kualitas kegiatan operasional bisnis kamu sehingga turut berkontribusi pada peningkatan keuntungan.

Lantas, apa saja tindakan yang bisa diambil terkait dengan operasional bisnis agar bisnis kamu bisa meraup untung yang lebih tinggi lagi?

Tips Kegiatan Operasional Bisnis

Sumber: Unsplash.com

4 Perubahan dalam Kegiatan Operasional untuk Tingkatkan Keuntungan!

1. Utamakan Kesejahteraan Pegawai

Percayalah, semua kelancaran dan kemudahan dalam kegiatan operasional kamu bergantung pada pegawai yang bahagia dan sejahtera.

Pegawai yang bahagia dan sejahtera berarti mereka yang menikmati pekerjaannya dan puas dengan apa yang mereka alami dan terima selama bekerja di bisnis kamu.

Mulai meningkatkan kesejahteraan pegawai bisa dimulai dengan sesederhana menciptakan atmosfer kerja yang positif dan suportif.

Berikan masukan dan pendapat ketika mereka melakukan kesalahan, berikan pujian ketika mereka berhasil mencapai atau melebihi performa yang diharapkan.

Nggak hanya itu, mintalah pendapat mereka juga ketika mengambil keputusan. Bebaskan mereka bersuara dan berpendapat.

Kesejahteraan pegawai bukan semata-mata soal lingkungan kerja saja.

Kesejahteraan pegawai bergantung juga pada bagaimana kamu sebagai pemilik bisnis dan orang yang memimpin mereka dapat memberikan apresiasi terbaik dalam bentuk materi.

Misalnya, memberikan bonus atau komisi sesuai dengan performanya, atau sesederhana mengajak mereka berlibur atau makan siang bersama. Jangan lupakan juga untuk memberikan gaji yang sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

Ketika kamu fokus mengutamakan bagaimana pegawai kamu bisa tetap bahagia dan sejahtera, maka kamu nggak perlu khawatir soal tingkat turnover pegawai yang tinggi dan mengurus rekrutmen pegawai baru.

Pasalnya, rekrutmen pegawai baru membutuhkan biaya, tenaga, dan waktu yang nggak sedikit.

Terlebih lagi, dengan punya pegawai yang bahagia dan sejahtera, hal ini bisa membantu meningkatkan reputasi positif bisnis kamu di mata pelanggan dan prospek bisnis lainnya.

2. Terapkan Zero Based Budgeting

Zero based budgeting adalah metode budgeting yang memungkinkan kamu untuk melihat dan menganalisa setiap pengeluaran secara detil di setiap periode pencatatannya. 

Zero based budgeting punya sifat yang begitu detail, memudahkan kamu untuk mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dari budgeting perusahaan untuk pengeluaran tertentu. Karena itu, metode budgeting ini membutuhkan proses pembuatan dan pengelolaan yang cukup lama.

Namun, meski begitu, zero based budgeting tergolong sangat efektif untuk menekan biaya yang terbuang sia-sia.

Hal ini membantu bisnis kamu untuk memahami dan menganalisis pengeluaran yang nggak penting dan mengambil keputusan terkait budgeting untuk pengeluaran tersebut. Alhasil, bisnis kamu pun nggak akan lagi boros soal pengeluaran-pengeluaran tertentu.

Alokasi budget untuk berbagai aspek lain bisa dikendalikan dengan baik dan lebih terarah. Bahkan, kamu bisa fokuskan budget kamu untuk peningkatan operasional dan usaha pemasaran yang berpotensi untuk membawa keuntungan lebih buat bisnis kamu.

3. Otomatisasi Bisnis

Kalau ada sesuatu yang bisa dipermudah, kenapa harus jadi sulit?

Kalimat di atas harus jadi sesuatu yang ada di kepala kamu ketika akan memperbaiki kegiatan operasional bisnis demi meningkatkan keuntungan. Salah satu jalan membuat semua dalam operasional kamu jadi lebih mudah sembari berusaha meningkatkan keuntungan adalah dengan memulai otomatisasi bisnis.

Otomatisasi bisnis berarti menggunakan sistem dan teknologi yang mumpuni untuk menambah kecepatan, efisiensi, dan efektivitas kegiatan operasional bisnis kamu.

Dengan membuat otomatisasi untuk beberapa aspek bisnis, terutama untuk operasional hingga manajemen persediaan produk, kamu bisa memangkas proses yang bertele-tele dan rumit jadi secepat kilat.

Kamu bisa membuat produksi lebih cepat dengan kualitas produk lebih tinggi. Pelayanan pun lebih cepat. Perhitungan dan rekap persediaan pun bisa lebih mudah dan akurat. Alhasil, kamu bisa melayani lebih banyak pelanggan dan memenuhi lebih banyak permintaan

4. Tingkatkan Average Sales Closing

Average sales closing adalah sebuah rasio yang menunjukkan seberapa dekat dan efektifnya bisnis kamu untuk mengubah calon pelanggan atau prospek menjadi seorang pelanggan.

Semakin banyak calon pelanggan yang mengetahui dan melihat produk atau bisnsi kamu, artinya terdapat potensi bahwa mereka bisa menjadi pelanggan kamu.

Namun, jika ada banyak calon pelanggan yang mengetahui bisnis kamu namun nggak banyak dari mereka yang berubah menjadi pelanggan kamu, itu berarti ada yang salah dari pendekatan pemasaran dan produk kamu.

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset secara mendalam tentang hal ini.

Kamu bisa menyebarkan survei atau kuesioner cepat terhadap berbagai calon pelanggan kamu.

Cari tahu alasan mengapa mereka nggak tertarik dengan produk kamu.

Setelahnya, kamu bisa mengambil keputusan terkait peningkatan apa yang harus dilakukan untuk membuat produk kamu jadi lebih menarik dan mampu menjawab kebutuhan mereka.

Contact Us