Figure Blog

4 Prinsip Paling Penting untuk Kamu Pegang saat Membuat Business Plan!

20 Dec 2022

Dalam mengerjakan sesuatu, selalu ada prinsip-prinsip penting yang perlu menjadi pegangan kamu agar kamu tetap stay on track dan berada dalam arah yang tepat dalam pengerjaannya.

Hal ini juga termasuk ketika kamu sedang membuat business plan.

Dalam membuat business plan, 4 prinsip ini begitu penting dan akan membantu kamu untuk membuat dan mengembangkan business plan yang matang!

4 Prinsip Paling Penting untuk Kamu Pegang saat Membuat Business Plan!

1. Buat Straight to the Point

Salah satu prinsip dasar yang paling penting dalam membuat business plan adalah buatlah secara singkat dan straight to the point.

Jangan buat konten yang terlalu bertele-tele atau terlalu wordy. Buatlah konten yang singkat namun punya isi yang padat dan dapat dipahami pembaca, terutama untuk bagian executive summary atau rangkuman singkat mengenai usaha yang akan kamu kembangkan.

Apabila kamu membuat konten business plan yang terlalu panjang atau penuh dengan tulisan, hal ini akan bikin pembaca pada umumnya hingga investor pun pusing membacanya.

2. Kenali Siapa Pembaca Business Plan Kamu

Menulis dan membuat business plan tanpa mengetahui siapa yang akan membaca akan bikin business plan kamu nggak tepat sasaran dan terasa sia-sia.

Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan konten business plan kamu dengan siapa pembacanya.

Menulis business plan yang sifatnya formal untuk audiens yang kasual jelas nggak akan tepat, begitu juga dengan membuat business plan yang terlalu sederhana dan kasual untuk audiens seperti bank atau investor ketika ingin mencari pinjaman modal usaha atau suntikan modal.

Dengan menyesuaikan business plan sesuai pembacanya, kamu akan dengan mudah membuat mereka tertarik dan mengikat perhatian mereka.

Ilustrasi Gambaran Business Plan

Sumber: Freepik.com

3. Gunakan Template yang Tepat

Sekarang ini, kamu nggak perlu lagi membuat sendiri format business plan sendiri.

Kini, sudah banyak pihak yang menyediakan template untuk kamu membuat business plan. Kamu tinggal mengisi setiap bagian sesuai dengan kebutuhan dan usaha yang akan kamu bangun dari awal.

Apabila kamu membutuhkan template untuk business model, kamu bisa menggunakan business model canvas yang dibuat oleh Alexander Osterwalder.

4. Konsultasikan dengan Ahli

Bila kamu belum memiliki pengalaman dalam membuat business plan atau baru pertama kali membangun usaha, berkonsultasi dengan ahli adalah jalan yang tepat.

Ada begitu banyak business coach atau mentor yang bisa kamu hubungi. Mintalah pendapat dan masukkan mereka untuk memperbaiki dan mengembangkan setiap aspek dalam business plan kamu.

Namun, kalau kamu ingin berkonsultasi tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, cobalah berkonsultasi dengan teman atau saudara kamu yang sudah pernah menjalani usaha atau memang memiliki usaha sendiri. Akan lebih baik lagi apabila orang yang kamu minta pendapatnya adalah orang dalam industri sejenis.

Contact Us