Figure Blog

4 Tips Bikin Display Produk yang Sukses Menarik Pelanggan untuk Berbelanja Lebih di Toko Kamu!

2 Sep 2022

Untuk meraih hal-hal besar, kamu harus selalu memulainya dengan hal-hal kecil, dan ini pun nggak terkecuali dalam dunia bisnis dan ritel.

Ketika kamu ingin mulai membangun sukses dalam menjalankan toko atau bisnis ritel kamu, maka kamu harus selalu memulainya dengan tindakan-tindakan sederhana yang bisa bikin pelanggan tertarik dan nyaman.

Pelayanan yang ramah, harus.

Produk yang unik dan mampu menjawab kebutuhan, jelas.

Namun, seringkali ada yang dikesampingkan: Penataan atau display produk.

Padahal, cara kamu menata dan merancang display produk turut punya kontribusi besar dalam menarik lebih banyak pelanggan, dan penataan produk pun nggak boleh hanya sekadar rapi dan teratur, namun harus benar-benar atraktif.

Lantas, bagaimana caranya menciptakan display produk yang sanggup bikin pelanggan jatuh hati hingga membeli produk kamu?

Display Produk di Toko

Sumber: Unsplash.com

4 Tips Bikin Display Produk yang Menarik buat Pelanggan!

1. Sajikan Produk secara Bundling

Jika kamu punya beberapa produk yang sejatinya saling melengkapi, kamu bisa menjualnya secara bundling.

Kamu bisa meletakkannya di rak display secara bersebelahan atau dibungkus dalam satu paket atau kemasan. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk membelinya secara langsung dengan mudah, plus pelanggan pun bisa memperoleh produk-produk tersebut dengan harga yang jauh lebih murah!

Satu hal penting yang perlu diingat: Jangan sampai kamu menampilkan banyak produk bundling yang mirip-mirip atau serupa tapi nggak sama. Hal ini justru akan bikin pelanggan pusing dan kebingungan ketika akan membeli produk yang mereka inginkan.

2. Tampilkan dengan Out of the Box

Pajang produk pakai rak display yang umum dipakai di toko-toko? Basi!

Biar penyajian atau display produk kamu lebih catchy dan mampu menarik pelanggan, kamu bisa menggunakan berbagai media atau peralatan lain yang menarik, nyeleneh, namun efektif untuk bikin orang-orang yang sedang berbelanja di toko kamu jadi menaruh perhatian lebih.

Kamu bisa menggunakan, misalnya, tangga kayu estetik yang bersandar pada dinding untuk menaruh kain dan menggantung aksesoris lain. Kamu juga bisa menggunakan keranjang anyaman dan mesh board sebagai media yang kreatif untuk display produk kamu.

Yang jelas, display produk harus diterapkan sekreatif dan seunik mungkin agar benar-benar mampu menarik perhatian dan menggoda pelanggan. Meskipun ada yang mungkin nggak membeli, display produk yang kreatif setidaknya bisa bikin toko kamu dibicarakan banyak orang.

3. Bermain-main dengan Lighting

Agar suatu produk bisa lebih menarik perhatian, kamu bisa menggunakan berbagai macam lighting.

Kamu bisa menggunakan lampu sorot mini untuk highlight produk yang sedang jadi best seller atau baru kamu rilis. Pilihan lain adalah dengan decorative lighting yang memungkinkan suatu produk lebih menarik perhatian berkat permainan warna dari pencahayaan yang dipakai.

Namun, jangan sampai penerapan lighting terlalu berlebihan dan justru mengganggu pandangan pelanggan saat sedang berbelanja. Lighting yang justru seharusnya menarik perhatian malah jadi menciptakan pengalaman belanja yang nggak nyaman.

4. Less is More

Prinsip "less is more" harus selalu jadi prinsip yang nempel di kepala kamu ketika menyusun dan menata produk.

Pastikan kamu nggak overloading satu rak dengan beragam produk yang sama. Berikan jarak yang cukup sehingga pelanggan nggak terlalu pusing atau merasa penuh ketika melihat-lihat produk kamu.

Dengan jarak yang cukup dan lega, kamu mengurangi kemungkinan debu dan kotoran untuk menumpuk di sudut-sudut tertentu rak produk kamu. Lebih lanjut lagi, terlalu banyak produk di satu rak berpotensi bikin pelanggan nggak nyaman melihatnya, mengurangi daya tarik pelanggan untuk masuk ke toko kamu atau membeli produk kamu.

Contact Us