Figure Blog

4 Tips Lakukan Riset Pasar dengan Murah sebelum Memulai Bisnis!

28 Nov 2022

Melakukan riset pasar nggak selamanya harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Ada begitu banyak tips dalam melakukan riset pasar yang efektif dengan harga yang murah hingga kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Apa saja caranya?

4 Tips Riset Pasar yang Murah sebelum Memulai Bisnis!

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk meraih lebih banyak masukan mengenai selera dan kebutuhan pelanggan.

Di Instagram, misalnya, kamu bisa menggunakan fitur questions atau polling untuk membantu kamu mendapatkan gambaran mengenai selera dan kebutuhan para pelanggan kamu.

Lewat fitur ini, kamu juga bisa mengetahui perubahan dan tren apa yang terjadi di pasar mengenai suatu produk atau jasa.

2. Lakukan A/B Testing

Bingung memilih sesuatu sebelum kamu sajikan atau luncurkan ke pasaran? Lakukan saja A/B Testing!

A/B Testing membantu kamu untuk menguji dua hal yang serupa namun dengan beberapa perbedaan spesifik.

Hasil A/B Testing akan membantu kamu untuk mengetahui mana satu di antara kedua hal yang diuji yang lebih disukai pasar.

Di samping itu, A/B Testing membantu memperoleh banyak masukan untuk peningkatan dan perbaikan kedua hal tersebut.

Ilustrasi Riset Pasar

Sumber: Freepik.com

3. Baca Berita

Berita adalah sumber informasi yang terjangkau dan begitu mudah diakses oleh banyak orang. Bermodalkan koneksi Internet dan smartphone saja, kamu bisa memperoleh begitu banyak informasi dalam sekali klik

Dalam posisi kamu sebagai pemilik bisnis, kamu perlu menyaring berbagai berita yang tersaji di depan kamu dan cobalah untuk fokus pada berita yang berhubungan dengan tren bisnis dan industri.

Akan lebih baik lagi jika kamu fokus ke industri yang spesifik dengan industri atau bidang bisnis kamu. Meski begitu, jangan luput juga perhatikan hal-hal lain yang sedang terjadi di industri atau bidang bisnis lain.

4. Ikuti Pameran atau Bazar

Nggak semua pameran butuh biaya partisipasi yang tinggi ya, Stockers!

Di luar sana, ada beberapa pilihan pameran atau bazar yang bisa kamu ikuti. Dari sana, kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis orang dan mengetahui bagaimana selera dan kebutuhan pasar dengan berdiskusi langsung dengan mereka.

Kamu pun juga bisa memperoleh pelanggan yang potensial untuk kamu jadikan pelanggan reguler kamu.

Contact Us