Figure Blog

4 Tips Memilih Background Music untuk Buat Suasana Tokomu Lebih Nyaman!

11 Sep 2023

Kamu mungkin boleh memiliki dekorasi toko yang sesuai dengan brand kamu, atau punya produk dan pelayanan yang khas dan bikin pelanggan betah berbelanja.

Namun, semua ini bisa rusak kalau kamu salah memilih background music untuk tokomu. Hal sekecil musik pun akan sangat berpengaruh, bahkan untuk meningkatkan penjualan usahamu.

Lantas, bagaimana caranya memilih background music yang pas dan bisa membawa suasana tokomu lebih baik?

4 Tips Memilih Background Music untuk Buat Suasana Tokomu Lebih Nyaman!

1. Sesuaikan dengan Identitas Brand Kamu

Sebelum memilih musik yang akan kamu putar di tokomu, kenali dulu sepert apa identitas brand kamu. Anggaplah brand kamu seperti sosok orang yang memiliki kepribadian. Lantas, temukan seperti apa kepribadian dari brand kamu.

Misalkan, kamu memiliki toko apparel yang bertemakan streetwear, kamu bisa memutar musik yang bernuansa hip hop atau rock. Kalau kamu memiliki toko yang menjual buku dari penerbit indie, kamu bisa memutar musik jazz atau acoustic yang santai.

2. Jangan Pakai Playlist Pribadi

Sebenarnya tidak ada masalah kalau kamu memainkan musik yang termasuk selera kamu atau yang kamu suka. Namun, tentunya ada beberapa musik yang kamu suka yang tidak sesuai dengan ciri khas dan kepribadian brand kamu.

Kalau kamu mengikutsertakan musik tersebut ke dalam playlist usahamu, bisa-bisa musik yang kamu pilih akan merusak keseluruhan suasana yang ada.

3. Cari Musik yang Sesuai Selera Pelanggan

Salah satu hal terbaik untuk dilakukan adalah mencari musik yang sesuai dengan selera pelangganmu.

Cari tahu seperti apa kepribadian dan selera pelangganmu. Semakin dalam kamu menggali, semakin mudah kamu menyesuaikan musik yang kamu mainkan dengan selera pelangganmu. Kamupun bisa menciptakan pengalaman belanja yang lebih nyaman buat mereka.

4. Pikirkan Aspek Lain

Ada beberapa hal lain yang sering terlupakan ketika memutar musik di dalam toko, yakni volume, tempo, sampai genre musik.

Sebisa mungkin jangan memutar musik terlalu keras dan jangan terlalu lembut juga. Kamu mesti mencari keseimbangan dari keduanya. Selain itu, tempo musik yang kamu putar, bila terlalu cepat, akan cenderung bikin pelanggan belanja lebih cepat.

Di sisi lain, kesalahan memilih genre musik juga akan berakibat fatal buat tokomu. Jangan sampai kamu memutar musik dangdut untuk toko apparel ya!

Kesimpulan

Menentukan musik yang tepat pada akhirnya akan memengaruhi bagaimana pelanggan bersikap dan berbelanja di tokomu. Kalau kamu sendiri, musik seperti apa yang sering kamu putar di tokomu?

Contact Us