Figure Blog

4 Tips Mudah Memperbanyak dan Mengembangkan Revenue Stream untuk Usaha Kamu!

31 Jul 2023

Seperti sebuah danau yang bergantung pada banyak aliran air agar sumber airnya tetap terpenuhi, usaha kamu tidak boleh bergantung pada satu sumber pendapatan saja.

Bila ini yang masih kamu lakukan, jangan heran bila usahamu tidak akan bisa bertahan lama hanya karena ketergantungan dengan satu produk saja.

Sebagai pemilik usaha, kamu harus bisa menemukan revenue stream atau sumber-sumber pendapatan lain yang bisa menyokong usahamu ketika ada produkmu yang sedang tidak menjual.

Berikut ini adalah 4 tips mudah untuk bikin revenue stream usahamu semakin berkembang dan bervariasi.

4 Tips Mudah untuk Bikin Revenue Stream Usahamu Berkembang dan Variatif!

1. Manfaatkan Peluang yang Belum Terpakai

Seketat apapun suatu industri, selalu ada celah yang belum dimanfaatkan atau tidak terlihat oleh usaha yang ada di sana. Inilah yang kemudian menjadi opportunity gap.

Menariknya, opportunity gap juga bisa disebut sebagai peluang yang sudah dimanfaatkan oleh usaha atau kompetitor, namun tidak dengan maksimal.

Diperlukan kejelian dan ketelitian serta pengamatan yang detail untuk menemukan sesuatu yang sebenarnya potensial namun belum dipakai atau tidak terlihat di industri tersebut.

2. Pelajari Tren

Cara termudah untuk mendapatkan tambahan pendapatan adalah dengan mempelajari apa yang sedang diminati oleh pasar. Kamu bisa coba riding the wave dengan mengikuti tren yang ada.

Namun, ada tren yang hanya bertahan singkat saja dan ada tren yang bisa bertahan cukup lama. Sebaiknya hindari untuk ikuti sesuatu yang heboh dan diminati sesaat karena jelas daya tariknya pun hanya sesaat.

Dengan mempelajari tren yang terjadi dan memilih tren yang tepat untuk diikuti, kamu bisa membuat usahamu terasa lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Seorang Pegawai Mencari Cara Meningkatkan Pendapatan UsahaSumber: Freepik

3. Mulai Bangun Kerja Sama

Membuat produk baru untuk menambah pendapatan bisa menguras modal dan usaha kamu. Agar kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah, cobalah mulai kerja sama yang strategis dengan usaha lain.

Misalnya, kamu bisa bekerja sama dengan usaha lain untuk membuat produk kolaborasi yang sifatnya saling melengkapi, atau bisa juga kamu menyelenggarakan event bersama untuk mendorong pemasaran produkmu dan menarik pelanggan baru.

4. Kembangkan Keunggulan yang Kamu Punya

Terkadang, kamu tidak perlu menambah produk atau jasa baru untuk menambah sumber pendapatan yang baru. Pasalnya, kamu bisa membuat produk atau jasa yang sudah ada jadi semakin baik, semakin unggul, dan semakin unik.

Menambah value untuk produk atau jasa yang sudah kamu jual akan membantu kamu mendongkrak daya tariknya, membuat pelanggan pun jadi rela untuk mengeluarkan uang demi membeli produkmu (Dengan harga yang lebih tinggi tentunya).

Kesimpulan

Kalau kamu masih menggantungkan kelangsungan usahamu pada satu atau dua jenis produk saja, maka sudah saatnya menciptakan revenue stream yang lain.

Memiliki revenue stream lebih dari satu membantu usahamu untuk bisa beroperasi meskipun produk lain sedang kurang menggairahkan penjualannya. Pada akhirnya, usahamu pun bisa tetap aman meskipun ada produk yang menurun penjualannya.

Contact Us