Figure Blog

5 Alasan Kenapa Kustomisasi Bisa Membawa Bisnismu Menang dalam Persaingan!

21 Oct 2022

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan kamu untuk selalu memutar otak agar selangkah lebih maju.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah kustomisasi produk atau membuat produk custom.

Ada apa dengan kustomisasi produk? Memangnya apa kelebihan dari kustomisasi produk yang bisa bisnismu jadi lebih kompetitif?

Mari kita kupas satu per satu!

Kenapa Kustomisasi Bisa Bikin Bisnismu Lebih Bersaing

1. Lebih Mengenal Selera Pasar

Kustomisasi adalah salah satu cara mengenal selera dan preferensi pasar dengan lebih baik selain dari riset dan survei pelanggan.

Data terkait dengan selera dan preferensi pelanggan melalui kustomisasi akan membantu kamu untuk menciptakan produk custom yang benar-benar bisa menarik pelanggan kamu.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kustomisasi adalah senjata rahasia dari suatu bisnis untuk bikin pelanggannya semakin loyal.

Pasalnya, kustomisasi membantu suatu bisnis untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggannya sesuai dengan selera dan preferensi pelanggan.

Semakin kamu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang sesuai dengan seleranya, semakin pelanggan kamu akan terpuaskan.

Alhasil, pelanggan akan semakin loyal dan lengket dengan bisnis kamu.

Membuat Produk Custom

Sumber: Freepik.com

3. Mendongkrak Penjualan

Di samping membuat pelanggan semakin loyal, kustomisasi bisa membantu kamu untuk meraih penjualan yang lebih tinggi daripada umumnya.

Hal ini disebabkan oleh karena kustomisasi fokus memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan selera pelanggan.

Semakin cocok kustomisasi yang kamu buat untuk pelanggan, semakin seorang pelanggan loyal dengan produk kamu, maka semakin sering mereka akan melakukan repeat order. Bukan nggak mungkin mereka juga akan merekomendasikan produk kamu ke orang lain.

4. Menurunkan Tingkat Retur Produk

Retur produk seringkali menghantui para pemilik bisnis.

Salah satu alasannya adalah produk yang kurang sesuai dengan keinginan atau selera pelanggan.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, kustomisasi adalah salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi retur produk yang kamu terima.

Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyesuaikannya dengan selera dan preferensi mereka, kecenderungan mereka untuk kecewa terhadap produk yang mereka beli melakukan retur produk akan semakin minim.

5. Pelanggan Rela Membayar Lebih

Ketika suatu produk bisa memberikan value lebih dan dirasa "Gue banget!" oleh seorang pelanggan, ia nggak lagi memikirkan soal harga produk tersebut.

Faktanya, menurut riset Deloitte, 1 dari 4 pelanggan rela membayar lebih untuk membeli suatu produk atau jasa yang sifatnya custom atau terdapat fitur kustomisasi.

Untuk bisa membuat produk kamu dirasa "Gue banget!" alias cocok dengan pelanggan kamu, sediakan kustomisasi untuk mereka. Biarkan mereka menyesuaikan produk yang mereka jual dengan selera dan keinginan mereka.

Kesimpulan

Dengan menawarkan kesempatan bagi pelanggan untuk menyesuaikan produknya dengan selera dan keinginan mereka, kustomisasi membawa banyak sekali keuntungan agar bisnis kamu bisa jadi lebih kompetitif dan bersaing di pasar.

Oleh karenanya, kamu nggak perlu ragi untuk menyajikan kustomasi sebagai salah satu penawaran menarik buat para pelanggan kamu.

Contact Us