Figure Blog

5 Alasan Kenapa Memiliki Usaha yang Tetap Kecil Bisa Tepat Untukmu

17 Nov 2023

Sudah merupakan hal yang umum buat orang-orang yang membangun usahanya sendiri untuk bisa mengembangkan usahanya dan membawanya naik level selangkah demi selangkah.

Apalagi, di era seperti sekarang ini, kisah-kisah sukses start-up yang mampu membuat usahanya meroket dalam waktu cepat mendorong orang-orang untuk memiliki mimpi yang serupa.

Masalahnya, semakin besar suatu usaha, terlebih yang bisa naik kelas dalam sekejap, memiliki tanggung jawab dan tantangan yang lebih besar. Untuk itu, menjaga usahamu 'tetap kecil' bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu dengan beberapa alasan berikut.

5 Alasan Kenapa Usaha yang Tetap Kecil Bisa Tepat Untukmu

1. Keseimbangan Hidup dan Kerja

Tidak semua orang tentu mampu menghadapi beban pekerjaan dan tanggung jawab yang mesti dipikul saat mengelola usaha yang semakin membesar. Kondisi ini bisa merenggut kehidupan pribadimu, di mana kamu akan sulit untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri maupun keluargamu.

Hal ini berbanding terbalik dengan bila kamu memiliki usaha yang tetap kecil, di mana kamu bisa tetap menjadi seorang pemilik usaha yang bisa menyeimbangkan dua aspek kehidupanmu, yakni kehidupan profesional sebagai pemilik usaha dan kehidupan pribadi.

Dilihat secara keseluruhan, keseimbangan itu juga dapat membantumu tetap sehat secara mental dan psikologis, membuatmu bisa tetap mengelola usaha dan diri sendiri atau juga keluarga dengan tenang.

2. Minim Risiko

Kalau kamu adalah orang cenderung risk-averse alias orang yang menghindari risiko, memiliki usaha yang tetap kecil adalah pilihan terbaik untukmu.

Ukuran usaha yang kecil membuatmu tidak harus berhadapan dengan berbagai kerumitan dalam setiap aspek usahamu. Selain itu, skala usaha yang tidak luas membuat usahamu tidak terlalu terekspos akan masalah atau isu yang berarti.

3. Lebih Mudah Melayani Pelanggan secara Personal

Tidak semua pemilik usaha senang mengatur dan mengelola usaha dari balik meja saja. Ada juga mereka yang ingin langsung melayani dan membantu pelanggan menemukan produk yang tepat. Biasanya, orang-orang seperti ini ada di hampir seluruh usaha mikro maupun kecil.

Bukan tanpa alasan mereka memutuskan untuk melakukan hal ini. Selain karena mereka ingin terlibat langsung dalam usaha yang mereka miliki, para pemilik usaha seperti ini ingin langsung berinteraksi dan bertemu dengan pelanggan untuk bisa menyesuaikan produk mereka dengan kebutuhan pelanggan.

Dan kalau kamu ingin turun tangan langsung dalam usahamu, memiliki usaha yang tetap kecil memperbesar peluangmu untuk melakukan hal tersebut.

4. Fleksibilitas Tinggi

Salah satu keunggulan dari usaha mikro dan kecil adalah kemampuan untuk bisa berubah arah dan beradaptasi dengan cepat. Hal ini dikarenakan minimnya sumber daya dan proses yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu kondisi ke kondisi lain.

Kalau kamu memiliki usaha mikro dan kecil, kamu tidak perlu repot mengurus ini-itu hanya untuk berpindah proses atau situasi, berbeda dengan usaha dengan ukuran besar seperti PT yang perlu mengurus berbagai administrasi dan kebutuhan karena skalanya yang tidak main-main.

5. Menjaga Passion

Menjadikan hobi atau passion sebagai usaha atau bisnis tampak seperti sesuatu yang menjanjikan karena bisa mendatangkan pundi-pundi yang melimpah.

Sayangnya, lama-kelamaan orang-orang akan jadi bosan dan cenderung lelah dengan hal tersebut karena hobinya yang sebelumnya terasa menyenangkan, malah menjadi sebuah rutinitas yang membosankan.

Untuk menjaga hobi atau passion tetap menyenangkan sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan, kamu bisa putuskan untuk memiliki usaha kecil dari hobimu.

Selain kamu tidak perlu terbebani dengan mindset profesionalitas yang harus kamu tempatkan pada hobimu, kamu tetap bisa menjalani hobimu sembari memperoleh uang darinya.

Kesimpulan

Wajar bagi seseorang untuk meraih mimpinya untuk mengembangkan perusahaan sampai begitu besar. Namun, ia harus siap menghadapi tanggung jawab dan tantangan yang lebih besar dan rumit.

Kalau kamu bukan orang yang ingin menghadapi rumitnya menjalani usaha berskala besar, 5 alasan di atas tadi bisa meyakinkan untuk tetap menjalani usaha kecil. Selain kamu bisa menikmati hidupmu dengan lebih stabil, kamu tidak perlu mengurus berbagai hal yang rumit dan masalah yang berskala besar.

Contact Us