Di waktu-waktu seperti ini, media sosial sudah dianggap jadi bagian yang integral alias nggak bisa terpisahkan dari usaha banyak orang dalam melakukan pemasaran dan promosi untuk bisnisnya.
Beragam fitur yang praktis dan mudah dipelajari memungkinkan setiap pemilik bisnis untuk menjangkau lebih banyak potensi pelanggan hingga bahkan memasang ads atau iklan di sebuah media sosial.
Namun, apa jadinya bila ada seseorang yang bilang bahwa kamu nggak butuh media sosial untuk melakukan pemasaran dan promosi untuk bisnis kamu dan memperoleh lebih banyak pelanggan? Kamu tentunya akan bingung, bukan?
Nyatanya, dengan 5 cara ini, kamu nggak butuh media sosial untuk melakukan promosi bisnis dan meraih lebih banyak pelanggan!
Berbahagialah kamu para pemilik bisnis yang membangun bisnisnya di era modern ini.
Alih-alih mencantumkan bisnis kamu di peta atau buku yellow pages, kini kamu cukup mendaftarkan bisnis kamu ke beragam directory yang tersedia.
Salah satu directory yang sangat populer dan bisa dibilang jadi benchmark untuk mencari lokasi dan tempat adalah Google Maps.
Untuk memasukkan bisnis kamu ke sini, cukup gunakan Google My Business dan isi informasi umum mengenai bisnis kamu, mulai dari alamat, layanan dan produk yang kamu sajikan, jam operasional, hingga berbagai foto tempat dan produk untuk memberi gambaran jelas mengenai bisnis kamu.
Menariknya, kamu pun bisa mengumpulkan review dari pelanggan kamu yang dapat membantu untuk mendongkrak keberadaan bisnis kamu di Google Maps yang akan membuat bisnis kamu jadi lebih mudah ditemukan.
Salah satu "senjata" klasik nan efektif untuk promosi bisnis, word of mouth adalah cara promosi terus eksis sampai kapanpun.
Kekuatan utama dari cara promosi bisnis ini adalah ketika banyak orang merasa puas terhadap suatu bisnis atau merasa bahwa suatu bisnis bisa melebihi ekspektasi mereka dan lebih unik dibandingkan bisnis lain yang serupa.
Ketika orang-orang merasakan hal tersebut, mereka pun akan cenderung bercerita mengenai bisnis tersebut ke orang lain. Hal ini serupa gema yang suaranya terus terdengar ketika disuarakan.
Agar bisa meraih word of mouth, kamu harus bisa memastikan beberapa hal dalam bisnis kamu: Pastikan bisnis kamu punya unique selling point. Pastikan pelayanan dan produk yang kamu berikan benar-benar ramah dan total.
Dua hal di atas sejatinya sudah cukup untuk menciptakan word of mouth.
Namun, kamu bisa menciptakan keunikan tersendiri pada beberapa aspek lain, misalnya packaging produk, cara pemasaran, hingga konsep tempat.
Sumber: Freepik.com
Bila kamu memiliki kenalan dengan beberapa bisnis lain yang masih satu industri atau bukan satu industri dengan bisnis kamu, kolaborasi bisa jadi salah satu jalan terbaik untuk mendongkrak bisnis kamu.
Bentuk kolaborasi bisa banyak hal, mulai dari membuat produk bersama, mengadakan event spesial, hingga membantu suplai untuk beberapa produk tertentu.
Jika partner kolaborasi kamu memiliki media sosial dan sudah cukup banyak dikenal banyak orang, hal ini akan lebih menguntungkan lagi. Pasalnya, mereka akan bisa membantu promosi kolaborasi tersebut dan sekaligus membuat bisnis kamu jadi lebih dikenal banyak orang.
Sebagai pemilik bisnis, terutama ketika kamu baru memulai bisnis, membangun kedekatan dan rutin menjaga komunikasi dengan pelanggan adalah kunci dapatkan lebih banyak pelanggan untuk bisnis kamu.
Jadikan mereka teman kamu. Jadikan mereka sebagai sumber opini dan masukan ketika kamu butuh bantuan. Ketika mereka pun ingin berdiskusi dan mengobrol, kamu bisa memberikan juga bantuan dan solusi.
Ketika kamu hadir lebih dekat di antara para pelanggan kamu, kamu akan dengan mudahnya bisa membangun suasana yang lebih nyaman dan positif buat mereka.
Pada akhirnya, ketika mereka datang, nggak ada kesan yang berjarak dan hal ini pun akan mereka selalu ingat ketika mereka menceritakan bisnis kamu kepada orang lain.
Cara promosi bisnis lainnya yang menarik untuk diterapkan adalah promo referral.
Promo referral sejatinya serupa dengan word of mouth, di mana orang-orang bisa berbagi cerita dan informasi mengenai bisnis kamu kepada orang.
Namun, promo referral memungkinkan para pelanggan kamu untuk melakukan word of mouth sembari memperoleh reward, seperti voucher promo, diskon, hingga produk atau layanan gratis.
Melalui cara ini, pelanggan bisa mengajak teman-temannya namun dengan bonus reward. Cara ini akan efektif membantu kamu mempertahankan pelanggan lama sembari memperoleh lebih banyak pelanggan baru.
Kalau kamu memang nggak ingin menggunakan media sosial sebagai cara pemasaran bisnis kamu ketika pertama kali membuka bisnis, beberapa cara di atas bisa jadi jawabannya. Selain mudah diterapkan, beberapa cara di atas juga cukup terjangkau dan nggak perlu mengeluarkan banyak modal dan tenaga untuk mempromosikan bisnis kamu dan mendapat lebih banyak pelanggan.