Figure Blog

5 Cara Jitu Bikin Pengalaman Belanja Online Lebih Nyaman dan Mudah buat Pelanggan!

28 Oct 2022

Tingginya jumlah orang yang melakukan belanja online adalah peluang besar untuk bisnismu.

Agar kamu benar-benar bisa memanfaatkannya, kamu perlu menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman dan memudahkan mereka.

Bagaimana caranya?

5 Cara Jitu Bikin Pengalaman Belanja Online Lebih Nyaman dan Mudah buat Pelanggan!

1. Pastikan Website Memadai

Kalau kamu lebih banyak fokus menjual produkmu melalui official website kamu, pastikan agar kamu setiap aspek dalam official website benar-benar memadai.

Aspek-aspek seperti aspek teknis (Loading speed, struktur website) hingga aspek desain (Layout, penggunaan warna, hingga halaman website) harus betul-betul diperhatikan. Keduanya punya kontribusi awal yang sangat besar dalam membuat pengalaman belanja online yang nyaman dan mudah.

Ketika aspek teknis buruk, maka website kamu akan sulit untuk diakses. Namun, ketika aspek desain buruk, maka calon pelanggan yang masuk ke official website kamu nggak akan berpikir panjang untuk langsung pergi.

Dua-duanya berantakan? Tentu adalah bencana.

2. Perhatikan Konten Produk

Dalam belanja online, baik melalui online store atau eCommerce pilihanmu, konten adalah salah satu yang faktor utama yang mampu menarik perhatian dan mendorong pelanggan untuk berbelanja.

Konten di sini terbagi dua: Apa yang kamu jelaskan ke pelanggan dan bagaimana kamu menjelaskan ke pelanggan.

Apa yang kamu jelaskan berarti berhubungan dengan informasi umum produk, spesifikasi produk, hingga foto atau gambar produk.

Sementara itu, bagaimana kamu menjelaskan ke pelanggan berhubungan dengan cara penulisan atau copywriting yang kamu buat.

Hal-hal teknis dalam copywriting pun nggak boleh dilupakan, seperti pengejaan hingga penggunaan tanda baca. Kalau berantakan, calon pelanggan kamu akan pusing membacanya.

Pengalaman Belanja Online

Sumber: Freepik.com

3. Jangan Batasi Metode Pembayaran

Dunia di era digital menawarkan beragam kemudahan, termasuk dalam hal pembayaran saat belanja online.

Karena itu, ada baiknya agar bisnis kamu menerima beragam metode pembayaran.

Ketika metode pembayaran kamu terbatas, pelanggan pun akan kesulitan dalam melakukan belanja online. Bukannya nggak mungkin bila pelanggan jadi enggan belanja online dengan bisnismu apabila kamu nggak menyediakan metode pembayaran yang mereka sukai.

Hal ini bukan cuma merusak pengalaman belanja online pelanggan, tetapi juga menciptakan kerugian karena kamu kehilangan pelanggan.

4. Siapkan Customer Service yang Mumpuni

Dalam membuka online store, komplain dan kritik dari pelanggan yang melakukan belanja online adalah makanan sehari-hari. Kamu sebagai pemilik bisnis harus selalu bersiap soal itu.

Caranya? Selalu siagakan customer service yang mumpuni dan responsif.

Tujuannya bukan hanya untuk menampung dan mengelola keluhan pelanggan, tetapi juga membantu pengalaman belanja online yang lebih baik dan positif.

Apabila pelanggan ingin melakukan komplain atau memberikan keluhan terkait produk yang mereka beli, dan kamu mampu memberikan pelayanan yang prima, maka mereka nggak akan takut lagi apabila mereka harus komplain produk dengan bisnis kamu.

5. Berikan Rekomendasi Produk

Cara lain untuk bikin pengalaman belanja online lebih nyaman untuk pelanggan adalah dengan menawarkan beragam rekomendasi produk.

Rekomendasi produk yang ditawarkan ini bisa menyesuaikan selera mereka.

Untuk melakukannya, kamu bisa perlu mengumpulkan informasi terkait preferensi dan selera pelanggan melalui histori pembelian mereka.

Namun, jika kamu bergabung di platform eCommerce tertentu, kamu nggak perlu repot melakukannya karena sistem eCommerce akan membantu kamu untuk menawarkan berbagai produkmu yang sesuai dengan selera mereka.

Kesimpulan

Teknologi memang memudahkan belanja online untuk dilakukan.

Namun, semuanya kembali lagi kepada kamu sebagai pemilik bisnis untuk memanfaatkan segala sumber daya yang mungkin digunakan untuk bikin pengalaman belanja online yang nyaman, memudahkan, dan nggak bikin repot pelanggan agar mereka selalu kembali lagi kepada kamu.

Contact Us