Kalau kamu perhatikan, dari tahun ke tahun, ketika mendekati hari raya atau hari besar tertentu, biasanya kamu akan menemukan yang umum disebut dengan last minute shoppers.
Siapakah mereka? Dan bagaimana mereka bisa menjadi peluang yang besar untuk kamu meningkatkan penjualan?
Last minute shoppers adalah tipe pelanggan yang berbelanja ketika menjelang atau mepet dengan waktu-waktu tertentu.
Dalam konteks peak season, last minute shoppers adalah orang-orang yang umumnya berbelanja ketika menjelang hari libur tiba atau mendekati hari raya tertentu.
Peak season adalah waktunya segudang promo.
Namun, jangan hanya gunakan satu jenis promo saja untuk menarik perhatian last minute shoppers untuk berbelanja di toko kamu.
Kombinasikan dua atau tiga promo untuk memberikan lebih banyak pilihan dan variasi buat para pelanggan kamu.
Namun, jangan sampai terlalu banyak promo sampai terjadi paradox of choice yang bikin pelanggan bingung untuk memilih.
Sebelum, menjelang, dan setelah peak season, setiap bisnis berlomba-lomba untuk menambah daya tariknya.
Agar dapat melakukannya, caranya sederhana: Berikan penawaran unik yang nggak dimiliki atau nggak mampu ditawarkan bisnis lain.
Misalkan, ketika bisnis lain menawarkan promo-promo biasa, kamu bisa menawarkan beragam penawaran lain, seperti free coffee atau minuman lain untuk pelanggan yang sedang mengantre. Kamu pun juga bisa memberikan free merchandise untuk melengkapi produk yang dibeli pelanggan kamu.
Sumber: Unsplash.com
Momen ketika pelanggan sedang mengantre di kasir adalah momen yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi Rupiah untuk bisnis kamu.
Agar kamu bisa meningkatkan penjualan, kamu bisa menempatkan berbagai produk tambahan yang menarik lainnya di dekat kasir.
Biar semakin menambah daya tarik dan bikin pelanggan ngiler untuk membeli, susun sedemikian rupa dengan display yang atraktif.
Mau menambah value dari bisnis kamu ketika peak season tiba?
Tawarkan jasa gift wrapping untuk para pelanggan yang membeli produknya untuk diberikan kepada orang-orang terkasih.
Jasa gift wrapping yang kamu berikan bisa kemas lebih menarik, mulai dari menawarkan kemasan customized hingga gift wrapping gratis.
Melalui jasa gift wrapping, pelanggan akan tertarik untuk berbelanja di toko kamu sekaligus meminta kamu untuk membungkus produk yang mereka beli menjadi kado atau hadiah.
Cara terakhir untuk meningkatkan penjualan selama peak season adalah dengan menyelenggarakan kontes khusus.
Kontes khusus ini perlu dirancang sedemikian rupa agar orang berlomba-lomba untuk bermain dan berkompetisi.
Pikirkan konsep dan aturannya terlebih dahulu. Jangan sampai konsepnya terlalu monoton dan aturannya terlalu ribet. Pelanggan kamu ingin berpartisipasi untuk suatu acara rewarding dan nggak memberatkan mereka.
Di era media sosial ini, kontes yang bisa kamu coba terapkan antara lain kontes foto atau giveaway produk spesial atau terbatas dari bisnis kamu.
Itulah tadi 5 cara meningkatkan penjualan selama peak season dengan menarik last minute shoppers.
Kehadiran last minute shoppers jangan sampai kamu abaikan, Stockers! Mereka adalah peluang yang sangat baik untuk bisnis kamu manfaatkan demi meraih lebih banyak keuntungan dari penjualan.