Figure Blog

5 Ciri-ciri Ide Produk Kamu adalah Ide yang Hebat, Apa Saja?

2 Dec 2022

Langkah tersulit dalam mengawali usaha adalah menemukan ide produk yang baik dan hebat.

Namun, nggak semua ide produk dapat diwujudkan ke pasaran karena berbagai kendala. Mungkin saja ide produk tersebut belum cukup inovatif, nggak tahan perubahan, hingga minim demand.

Untuk itu, sebagai langkah awal memulai usaha kamu dan mewujudkan ide produk kamu sendiri, baiknya kenali dulu 5 ciri-ciri ide produk yang hebat ini!

5 Ciri-ciri Ide Produk yang Hebat!

1. Menjawab Masalah dan Kebutuhan

Suatu ide produk nggak bisa dikatakan hebat jika ia lahir hanya dari keinginan atau ego pemilik usaha. Ide produk tersebut nggak akan kemana-mana karena hanya didorong oleh ego dan keinginan pribadi saja.

Suatu ide produk harus benar-benar mampu menjawab kebutuhan dan masalah yang dialami banyak orang, entah itu membuat hidup mereka jadi lebih mudah atau melakukan sesuatu dengan lebih murah.

2. Tahan Terhadap Perubahan Pasar

Pasar selalu berubah-ubah setiap waktunya. Artinya, ada dinamika yang terjadi, di mana selera, preferensi, hingga tren pasar selalu berbeda-beda.

Nah, kalau ide produk yang kamu punya mampu beradaptasi terhadap situasi pasar dan bertahan meski pasar mengalami perubahan konstan, artinya ide tersebut adalah ide produk yang hebat.

Pasalnya, ide produk tersebut tetap mampu diminati meski pasar sedang mengalami perubahan atau gejolak.

3. Punya Inovasi

Inovasi lahir dalam berbagai bentuk.

Inovasi bisa berupa produk yang sudah ada yang dikembangkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Inovasi juga bisa berupa pengembangan produk baru dari produk yang sudah ada.

Apapun itu, yang jelas ide produk yang hebat akan bisa dikatakan hebat jika ia punya inovasi. Dengan inovasi, ide produk tersebut, ketika terwujud, akan mampu membuat hidup para pembelinya jadi lebih baik dan berbeda dari sebelumnya.

Sebuah Tim Membuat Ide Produk

Sumber: Freepik.com

4. Ada Demand yang Memadai

Apalah ide produk yang punya inovasi dan keren tapi minim demand di pasar.

Ketika ide produk kamu minim demand, kemungkinan besar ketika ide produk tersebut sudah terwujud, produknya akan nggak laku di pasar.

Oleh karena itu, jangan sampai hanya fokus pada keunikan dan inovasi namun kamu nggak melihat kebutuhan dan keinginan yang ada di pasar.

Namun, kalau memang demand dari ide produk kamu yang sekarang belum memadai, jangan berkecil hati. Ada kemungkinan bahwa ide produk kamu justru dapat menciptakan pasar atau demand baru.

Meski begitu, perlu riset dan validasi lebih lanjut untuk menentukan hal tersebut.

5. Punya Ruang untuk Pengembangan

Ide produk yang baik bukanlah yang sekali terwujud lalu dijual dan nggak ada pengembangan begitu saja.

Kalau hal itu yang terjadi, keuntungan usaha kamu akan mentok dan kamu nggak bisa bertumbuh dengan menjual produk tersebut.

Pastikan dulu bahwa ide produk yang akan kamu wujudkan adalah ide produk yang punya potensi pengembangan yang baik dan panjang. Hal ini akan bikin bisnis kamu bertumbuh dan terus berkembang dalam waktu yang panjang.

Contact Us