Figure Blog

5 Hal ini Mesti Jadi Perhatianmu saat Membuat Label di Kemasan Produk

28 Mar 2024

Kemasan produk harus jadi prioritas yang penting saat merancang produkmu, tapi kemasan produk yang baik tidak akan lengkap tanpa label di kemasan produknya.

Label produk bisa jadi faktor yang menentukan apakah pelanggan ingin membeli atau justru menghindar dari produkmu.

Lalu, saat akan merancang label di kemasan produkmu, apa saja yang mesti kamu pikirkan sehingga label produkmu benar-benar bisa menarik perhatian?

5 Hal yang Mesti Diperhatikan saat Membuat Label di Kemasan Produk

1. Nama Produk

Ketika kamu merancang label produk di kemasan produk, elemen nama memang jadi penting karena menyangkut visibilitas dan exposure produk itu sendiri.

Nama produk akan menentukan bagaimana produkmu terjual. Bila kamu punya produk yang namanya rumit, jelas produkmu akan menarik perhatian, tapi sulit untuk dipahami oleh orang yang melihatnya.

Pastikan nama produk di labelnya bisa dibaca dengan baik dan memorable sehingga produkmu lebih mudah dikenal dan dipahami oleh orang yang ingin mengenalnya atau bahkan membelinya.

2. Informasi Produk

Tantangan terbesar dari membuat label di kemasan produk adalah informasi apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam label.

Memasukkan semua informasi jelas jadi pilihan yang tidak mungkin karena ini akan membuat pelanggan terasa kewalahan saat melihat dan membaca informasi produkmu.

Karena ini, cobalah untuk mencari informasi penting yang memang bisa menjelaskan produkmu secara keseluruhan tanpa harus bikin pelangganmu terasa bingung saat mengonsumsi informasi terkait produkmu.

Selain itu, informasi yang dimasukkan juga perlu akurat. Jangan sampai kamu memberikan informasi yang salah mengenai spesifikasi atau detail produkmu karena ini bisa membuat pelanggan salah berekspektasi.

3. Ukuran Label

Ukuran label produk akan mengikuti besarnya kemasan produkmu. Semakin besar kemasan produkmu, maka label untuk kemasan produkmu harus menutupi seluruh kemasan dengan mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan mencetak labelnya langsung ke kemasannya tanpa harus menempelkannya dan hal ini bisa memengaruhi persepsi pelanggan secara positif.

4. Penggunaan Warna dan Font

Mungkin faktor yang satu ini jadi faktor besar yang menentukan bagaimana seorang pelanggan bisa tertarik dengan produkmu.

Dengan font yang tepat dan penggunaan warna yang menarik mata, produkmu bisa dengan mudah menarik perhatian orang untuk dilihat dan dibaca, bahkan dari jauh.

Meskipun begitu, kamu mesti menyesuaikan font dan warna label untuk kemasan produkmu sesuai dengan brand kamu agar proses pemasarannya bisa tetap konsisten.

5. Kenyamanan

Kenyamanan mungkin jadi elemen minor yang memengaruhi label untuk kemasna produkmu, namun hal ini tetap memengaruhi persepsi pelanggan secara keseluruhan.

Kenyamanan di sini berarti bagaimana label untuk kemasan produk terasa ketika disentuh atau dipegang oleh tangan pelanggan. Apakah labelnya terasa licin, lembut, atau terasa kasar? Atau apakah label tersebut punya bahan yang premium dan berkelas?

Meski terasa minor, jangan remehkan bahan label yang kamu gunakan karena hal ini akan memengaruhi seberapa nyaman pelangganmu ketika menyentuh atau memegangnya.

Kesimpulan

Kekuatan nama produk, informasi yang lengkap dan mudah dipahami, ukuran dan kenyamanan label, sampai daya tarik dari warna dan font akan saling bahu-membahu menentukan seberapa berkualitas label produkmu.

Meski begitu, membuat label di kemasan produkmu butuh beberapa kali uji coba dan jangan takut melakukan kesalahan. Seiring waktu berlalu, kamu akan bisa memperoleh label yang ideal untuk produkmu.

Contact Us