Figure Blog

5 Ide Packaging Kreatif untuk Bikin Produkmu Tambah Atraktif!

16 Feb 2024

Kemasan produk tidak hanya mengandung elemen fisik saja dalam pembelian produk, tetapi juga elemen psikologis yang bisa menciptakan memori atau pengalaman unik tersendiri untuk pelanggan.

Karenanya, beberapa usaha memilih jalan kreatif agar packaging produknya semakin menarik dan bikin pelanggan tambah tertarik.

Beberapa jalan kreatif tersebut bisa kamu lihat seperti yang berikut ini!

5 Ide Packaging Kreatif agar Produkmu Tambah Menarik!

1. Kartu Ucapan

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelangganmu, kamu bisa selipkan greeting card atau notes menarik untuk memberikan sentuhan personal buat mereka.

Hal ini bisa membantumu menjaga komunikasi semakin dekat dengan pelangganmu. Sayangnya, bila produksi kamu tambah besar dan skala usahamu meluas, kamu akan kesulitan untuk menerapkan metode ini untuk berkomunikasi dengan mereka.

2. Personalized Box

Memberikan sentuhan personal juga bisa kamu wujudkan dalam bentuk personal box yang bisa pelangganmu pesan. Kamu bisa menggunakan pilihan ini untuk semua pelangganmu atau hanya ketika pelangganmu memilih untuk memesan dengan personalized box.

Di personalized box tersebut, kamu bisa memasukkan freebies dan merancangnya dengan nama pelanggan sampai menyelipkan brosur promo agar pesanan mereka bisa tambah bernilai.

3. Artwork Kreatif

Menciptakan packaging yang kreatif juga bisa kamu tunjukkan lewat visual yang eye-catching. Kamu bisa menambahkan gambar, lukisan, atau artwork yang kreatif di kemasan luar produkmu.

Karya gambar ini bisa kamu buat sendiri bila kamu merasa mampu membuatnya atau kamu bisa merangkul seniman lokal atau kenalanmu yang ahli melukis dan menggambar untuk membuat packaging produkmu tambah cantik.

Dengan packaging produk yang cantik secara visual, hal ini bisa mendorong orang-orang untuk berbagi cerita ke teman-teman dan keluarganya sehingga produkmu semakin populer dan banyak dikenal orang.

4. Bahan Eco-friendly

Tingginya penggunaan bahan baku kurang ramah lingkungan seperti plastik bisa berbuntut panjang untuk kondisi lingkungan alam. Para pelanggan pun mulai menyadari akan kondisi ini dan merasa harus ikut berkontribusi dalam memperbaiki lingkungan.

Dengan kesadaran ini, kamu bisa menggunakan packaging dengan bahan baku yang eco-friendly. Langkah ini membantu usahamu mengurangi jejak dampak yang diberikan ke lingkungan dan membantu meningkatkan citra usahamu di mata para pelanggan yang mengedepankan sustainability.

5. Kemasan Minimalis

Salah satu hal paling melelahkan saat membuka paket atau kemasan produk adalah apabila pengemasannya terlalu rumit. Daripada bikin pelanggan kerepotan seperti ini, gunakan saja satu layer kemasan yang sederhana agar pelanggan bisa segera membuka produknya.

Namun, mesti kamu perhatikan bahwa bahan yang digunakan bila kamu ingin pakai kemasan yang minimalis seperti ini haruslah kuat dan punya daya tahan tinggi serta cocok untuk produk yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Kreativitas harus kamu utamakan saat membuat packaging produkmu yang berbeda. Kreativitas ini bukan hanya soal karya seni, tetapi juga dalam hal bahan baku sampai sentuhan lainnya untuk membuatmu lebih mudah berkomunikasi dan dekat dengan pelanggan.

Contact Us