Figure Blog

5 Jenis Kupon atau Voucher yang Efektif Tingkatkan Peluang Belanja Pelanggan!

4 Apr 2024

Mungkin kamu punya produk yang serupa dengan kompetitor. Kualitas, tampilan, sampai keunikan yang mungkin sebelas dua belas. Sama-sama memiliki daya tarik. Tapi, dengan kehadiran satu voucher belanja saja, produkmu bisa lebih menarik pelanggan.

Itulah kekuatan voucher belanja yang bisa menjadi magnet untuk bikin pelanggan tertarik membeli produkmu.

Meski secara sederhana setiap voucher bisa membuat pelanggan bertekuk lutut, beberapa voucher diskon ini punya efektivitas yang levelnya lebih tinggi. Ada apa saja ya?

5 Jenis Voucher yang Efektif Tingkatkan Peluang Belanja Pelanggan!

1. Voucher Gratis Ongkir

"Gratis ongkir" jadi dua kata yang begitu menggiurkan untuk orang-orang yang berbelanja online. Yang menarik, orang-orang akan cenderung membeli produk yang ada gratis ongkir dibandingkan produk yang terjangkau namun tidak tersedia gratis ongkir, apapun kurirnya.

Dengan voucher gratis ongkir, pelangganmu terbebas dari biaya pengiriman produk. Meski nominalnya kecil, menghilangkan gratis ongkir dengan voucher khusus akan bikin pelanggan nggak terlalu terbebani lagi.

Bahkan, ada atau tidaknya diskon gratis ongkir bisa jadi penentu keputusan belanja mereka.

2. Voucher Minimum Nilai Belanja

Kalau kamu ingin pelangganmu belanja lebih hemat namun dengan nilai transaksi yang meningkat, kamu mesti menyediakan jenis voucher ini.

Di dalam voucher minimum nilai belanja, kamu bisa memasukkan angka minimum transaksi yang harus dicapai pelanggan sebelum bisa mendapatkan potongan harga.

Dengan aturan seperti ini, pelanggan akan cenderung menambah jumlah produk yang dibelinya dan ini akan berefek pada nilai transaksi mereka.

Semakin besar nilai transaksinya, kamu bisa menetapkan potongan yang semakin besar juga.

3. Voucher Pembelian Pertama

Dalam melayani pelanggan baru, kamu mesti bisa memberikan impresi pertama sebaik mungkin agar mereka bisa kembali lagi jadi pelanggan reguler. Salah satu caranya? Berikan voucher khusus pembelian pertama.

Keberadaan voucher untuk pembelian pertama bisa membuka peluang yang lebih besar bagi pelangganmu untuk membeli produkmu. Mereka pun berpotensi melakukan repeat order bila kamu mengapresiasi mereka dengan menyediakan voucher pembelian pertama.

4. Voucher BOGO

Voucher buy one get one adalah salah satu jenis voucher klasik yang begitu efektif untuk menggoda pelanggan membeli produkmu. Kapan lagi pelanggan bisa mendapatkan satu produk tambahan gratis dengan membeli satu produk saja?

Vocuher ini sifatnya sangat fleksibel. Kapanpun diberikan, pelanggan akan dengan mudah tertarik menggunakannya, baik itu di momen biasa atau di hari-hari raya.

5. Voucher Gosok

Voucher ini adalah salah satu jenis voucher yang mungkin jarang kamu temui akhir-akhir ini. Padahal, konsepnya sendiri menarik untuk diterapkan.

Dengan voucher yang berbentuk scratch card, kamu bisa memberikan nuansa misteri atau kejutan buat pelanggan. Cara penggunaannya pun sederhana, pelanggan tinggal menggosok kartu ini untuk mengetahui reward atau potongan harga yang didapatkan.

Kesimpulan

Ketika pelanggan sedang bimbang-bimbangnya dalam mengambil keputusan belanja, voucher belanja adalah pembeda dalam mendorong pelanggan berbelanja.

Namun, perlu diperhatikan juga penggunaan berbagai voucher belanja di atas karena yang terpenting adalah bagaimana voucher belanja yang kamu sediakan bisa sesuai dengan strategi dan tujuan promosi yang kamu punya.

Contact Us