Figure Blog

5 Kiat Ampuh Mengubah Website Visitor Jadi Customer!

30 Nov 2021

Hayo, siapa di sini yang bisnisnya sudah punya website? Memiliki website untuk bisnis memang jadi hal yang esensial alias sangat penting. Calon pelanggan tidak hanya bisa lihat-lihat dan membeli produk kamu di aplikasi, tapi juga website. Keberadaan website juga bisa membuat bisnis kamu dianggap lebih proper dan lebih matang di mata pelanggan karena mampu menjangkau pelanggan yang berbelanja online dengan lebih luas.

Tapi, salah satu hal menarik yang sering terjadi bagi para pemilik bisnis yang sudah memiliki website untuk bisnisnya adalah ramai pengunjung, tetapi sepi pembeli. Di satu sisi, menyenangkan melihat website bisnis ramai dikunjungi. Namun, di satu sisi, kamu tentu bingung, kenapa jarang ada pembeli?

Nah, untuk itu, simak 5 kiat berikut biar website bisnis kamu nggak hanya ramai pengunjung, tapi juga ramai pembeli!

 

1. Navigasi yang Sederhana

Kunci untuk membangun minat beli seorang pengunjung adalah dengan membangun navigasi sederhana. Apa maksudnya navigasi? Navigasi berarti bagaimana kamu desain website agar mudah diakses, dipergunakan, dan dijelajahi oleh pengunjung. Artinya, kamu perlu bikin website yang pengelompokkan produknya rapi, alur pembelian jelas dan sederhana, dan susunan website yang nggak membingungkan. Search button harus jelas letaknya, setiap menu harus mudah diakses, dan setiap link harus terlihat jelas dan bisa di-load dengan cepat.

 

2. Pelajari Traffic Website

Setiap website bisnis tentunya punya traffic. Komponen ini membantu kamu jadi lebih tahu soal keinginan atau preferensi pengunjung website kamu. Dengan mempelajari hal tersebut, kamu jadi bisa lebih memahami terkait keinginan mereka soal produk kamu dan kamu jadi bisa menyesuaikan produk kamu sesuai dengan selera dan keinginan mereka. Jika kamu adalah bisnis fashion yang berfokus di bidang kaos, sementara mayoritas website kamu mencari kemeja, kamu bisa mempertimbangkan untuk menambah lini produk kemeja.

 

 

3. Punya CTA yang Kuat

CTA, yang merupakan singkatan dari call to action, harus kamu cantumkan dan pastikan agar bisa benar-benar memancing pengunjung untuk beli. Ketika mereka sudah mulai tertarik untuk membeli produk kamu, CTA jadi ‘pintu gerbang’ yang terbuka untuk mereka. Bikin CTA seperti ‘Add to Cart’, ‘Buy Now’, atau ‘Limited Stock’ bisa ampuh untuk bikin pengunjung berubah jadi pembeli di website kamu.

 

4. Tawarkan Insentif

Insentif bisa dibilang sebagai salah satu trigger untuk bikin pengunjung kamu membeli produk di website kamu. Insentif yang diberikan dapat berupa voucher potongan atau promo BOGO (Buy One Get One) untuk pengunjung yang baru pertama kali registrasi di website kamu. Kamu juga bisa tambahkan benefit lain seiring dengan frekuensi belanja yang dilakukan.

 

5. Cantumkan Testimoni

Apa kamu bisa bayangkan website yang melayani tour & travel tanpa ulasan pelanggan? Atau website e-commerce tanpa rating bintang? Hal ini tentunya akan bikin bingung, sebab ulasan dan testimoni adalah salah satu aspek yang dijadikan pertimbangan seorang pengunjung untuk membeli produk di website. Oleh karenanya, penting buat kamu menyediakan kolom testimoni atau rating dan mengakumulasikannya untuk dijadikan bahan pertimbangan buat pengunjung lain.

 

Jangan sampai kamu berdiam diri saja, membiarkan pengunjung tetap jadi pengunjung. Pengunjung website kamu tinggal selangkah lagi untuk jadi pelanggan kamu, atau bahkan pelanggan loyal kamu! Maka dari itu, tekunlah untuk terus mengubah pengunjung jadi pelanggan kamu dengan kiat yang sudah kami sediakan ya!

Contact Us