Figure Blog

5 Kriteria yang Wajib Ada dari Supplier Kamu!

20 Aug 2021

Selain pelanggan, pihak lain yang juga berperan menunjang berjalannya bisnis kamu adalah, tidak lain dan tidak bukan, supplier. Pihak inilah yang bertanggung jawab atas berbagai kebutuhan bisnis kamu, mulai dari bahan baku, peralatan, hingga perlengkapan yang kamu butuhkan untuk menjalankan operasi bisnis.

 

 

Bisnis yang baik, dengan konsep yang baik, tidak akan lengkap tanpa adanya supplier yang baik. Oleh karenanya, kali ini, kamu akan belajar sedikit tentang gimana caranya agar kamu bisa mendapat supplier yang tepat dan pas untuk bisnis kamu!

1. Kemampuan Produksi

Kemampuan produksi dari suatu supplier nggak mudah untuk diketahui dan dinilai. Namun, ada beberapa cara agar kamu bisa mengetahui kemampuan produksi dari calon supplier pilihanmu : kamu bisa kunjungi langsung lokasi suppliernya atau meminta sampel produknya. Cara pertama memudahkan kamu untuk mengetahui langsung bagaimana sistem yang ada di lokasi supplier, meski agak memakan biaya. Sementara itu, cara kedua cukup menghemat biaya dan waktu. Kamupun juga bisa menilai kualitas produk yang dimiliki supplier dari sampel yang diberikan.

2. Jaminan

Jaminan di sini berarti apakah supplier dapat memberikan jaminan dan bertanggung jawab atas setiap produk yang kurang baik atau rusak. Supplier yang baik tidak akan mengelak dari tanggung jawab mereka atas produk mereka yang buruk, namun akan memeriksa produk dari produsen atau mengecek sistem produksi mereka apabila mereka melakukan produksi secara mandiri. Ketika supplier memiliki keinginan dan mampu untuk memberikan jaminan dan pertanggungjawaban atas setiap produk yang rusak atau cacat, maka supplier tersebut layak dapat kepercayaan kamu.

3. Komunikasi

Supplier yang baik adalah supplier yang jelas dan transparan dalam berkomunikasi dengan rekanannya. Mereka memberikan informasi yang terbuka dan menyeluruh terkait setiap produk yang mereka tawarkan, baik secara harga, spesifikasi, hingga kebijakan-kebijakan kerja sama yang mereka miliki, seperti kebijakan retur dan pembayaran. Jangan sampai kamu memilih supplier yang bahkan kebijakan returnya saja tidak jelas. Pastikan mereka memiliki kemampuan komunikasi yang jujur dan terbuka agar kamu bisa mendiskusikan beragam aspek dan keperluan dengan mudah.

4. Taat Hukum

Nah. Jangan sampai kamu sudah mendapat supplier dengan 3 kriteria di atas, namun ternyata produk atau perusahaannya belum memenuhi persyaratan dalam hukum. Tentu ini berbahaya buat kamu! Carilah supplier yang produknya memenuhi beragam persyaratan hukum yang berlaku, entah itu hukum yang bersinggungan dengan keselamatan untuk pelanggan, lingkungan, hingga standar produk yang telah ditetapkan oleh lembaga tertentu. Kalau sudah taat hukum, semuanya jadi akan lebih tenang.

 

Itulah beberapa kriteria penting yang wajib ada di ceklis kamu saat kamu berburu supplier. Ketika kamu sudah memilih supplier yang tepat, jangan lupa juga untuk memilih aplikasi manajemen gudang yang tepat seperti Onstock. Ketersediaan beragam fitur dan kemudahan di Onstock, seperti pengingat produk habis dan kadaluarsa, invoice online, hingga laporan otomatis dan kustomisasi barcode bikin kamu nggak perlu lagi pusing kelola stok dari supplier pilihanmu!

Contact Us