Figure Blog

5 Metode Organic Marketing Terbaik dan Murah untuk Usaha Kecil dan Menengah Kamu!

14 Mar 2023

Buat kamu yang baru mulai usaha kecil menengah kamu, memikirkan marketing akan jadi salah satu hal yang memusingkan.

Pasalnya, kamu akan dihadapkan dengan berbagai metode marketing yang membuat kamu harus menguras kantong kamu.

Tapi, tenang dulu, Stockers! Kamu tetap bisa melakukan marketing tanpa harus menguras isi kantong kamu. Ada 5 metode organic marketing ini yang bisa membantu kamu marketing murah dengan hasil yang dahsyat!

5 Metode Organic Marketing Terbaik dan Murah untuk Usaha Kecil Menengah Kamu!

1. Word of Mouth

Word of mouth adalah proses di mana terjadinya pertukaran informasi dari mulut ke mulut antara satu orang ke beberapa orang lainnya dan seterusnya.

Proses ini bisa dibilang sebagai metode organic marketing yang cukup populer dan masih relevan sampai sekarang.

Melalui word of mouth, orang lain bisa memahami kualitas produk atau pelayanan dari suatu brand dengan lebih mudah karena seorang pelanggan menceritakan pengalamannya berhubungan dengan brand tersebut.

Alhasil, semakin banyak orang yang akan penasaran dengan brand kamu dan membeli produk kamu.

2. Search Engine Optimization

Meski terdengar teknis, namun search engine optimization adalah metode organic marketing yang perlu kamu manfaatkan.

Sederhananya begini: Search engine optimization dilakukan dengan menargetkan penggunaan keyword tertentu di website, media sosial, hingga konten yang dibuat oleh usaha kamu.

Dengan menggunakan keyword yang ditargetkan, diharapkan kamu bisa memperoleh traffic dan awareness yang baik dari orang-orang yang mencari topik menggunakan keyword yang kamu gunakan.

Proses menggunakan SEO untuk memperoleh organic traffic membutuhkan waktu cukup panjang. Kamu harus melakukan testing mengenai mana kata kunci yang paling relevan dan mampu mendatangkan traffic yang berkualitas untuk usaha kamu.

3. User Generated Content

User generated content bisa juga disebut sebagai word of mouth versi digital.

Pada dasarnya, user generated content adalah testimoni dan cerita orang-orang yang sudah menggunakan produk kamu yang mereka bagikan secara digital. Bentuk dari user generated content ini bisa berupa video, artikel, hingga komentar di kolom review.

4. Loyalty Program

Organic marketing bisa ditentukan dari seberapa dekat atau "nempel"-nya pelanggan dengan usaha kamu.

Untuk memastikan pelanggan tetap dekat dan menjalin hubungan dengan usaha kamu, kamu perlu menerapkan loyalty program.

Sediakan reward yang menarik, rancang loyalty program yang menyenangkan, dan berikan beragam keuntungan dari loyalty program kamu agar pelanggan nggak kabur ke kompetitor.

5. Kualitas Usaha

Yang jelas, semua metode organic marketing di atas nggak akan bekerja dengan baik apabila kualitas usaha kamu (Produk hingga pelayanan) nggak benar-benar baik.

Hanya dengan memiliki kualitas dan keunikan usaha yang baik dan konsisten, kamu akan dengan mudah melakukan organic marketing dengan baik.

Orang-orang akan menceritakan produk dan usaha kamu tanpa perlu kamu minta. Orang-orang akan berinisiatif untuk mencari produk dan usaha kamu di media sosial hingga mesin pencari. Orang-orang juga akan dengan sendirinya jadi pelanggan setia kamu.

Contact Us