Figure Blog

5 Pelajaran Marketing 2023 yang Bisa Kamu Lanjutkan di Tahun ini

31 Jan 2024

Di setiap tahunnya, selalu terjadi perubahan yang mengharuskan sebuah usaha berubah dan beradaptasi dengan tren yang ada. Perubahan inipun terjadi pada cara sebuah usaha memasarkan usaha dan produknya.

Tapi kita tidak akan melihat perubahan kali ini. Pada pembahasan ini, ada beberapa hal yang dianggap tidak akan berubah dari 2023 dan bisa kamu fokuskan di tahun ini dari segi pemasaran. Beberapa hal ini bahkan bisa jadi patokan untuk melakukan pemasaran yang lebih baik lagi di tahun ini.

5 Pelajaran Marketing 2023 yang Bisa Kamu Lanjutkan di Tahun Ini

1. Tetaplah Bercerita

Cerita adalah elemen terkuat yang bisa mengundang pelanggan untuk tertarik hingga bahkan jatuh cinta dengan brand kamu.

Cerita yang dibangun dengan baik pun bisa menjadi perpanjangan tangan dari visi yang ingin kamu sampaikan ke pelangganmu.

Oleh karenanya, teruslah membuat cerita yang menarik, relatable, dan ngena dengan target pasar kamu. Miliki core values yang jelas untuk kamu sampaikan. Kombinasi keduanya akan membuatmu jadi brand yang sulit ditandingi.

2. Fokus pada Edukasi

Di samping konten cerita yang bisa kamu kemas sedemikian rupa, kamu juga perlu menyediakan konten yang sifatnya informatif dan edukatif untuk pelangganmu.

Edukasi bukan hanya membuat pelangganmu jadi lebih mengenal produkmu saja, tetapi juga membantu mereka mengambil keputusan untuk membeli produkmu.

Ketika pelanggan merasa dimudahkan dengan konten edukatif yang kamu punya dalam proses mereka mengambil keputusan, mereka jelas akan cenderung mendekat ke brand kamu karena mereka merasa kehidupan mereka jadi lebih mudah.

3. Pengalaman Pelanggan Harus Memorable

Marketing lebih dari sekadar cara menjangkau pelanggan dan memperoleh penjualan - Marketing kini harus dipandang sebagai sebuah cara untuk membuat pelanggan terikat secara emosional dengan brand kamu. Secara sederhana, harus ada pengalaman unik yang bisa mereka rasakan.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa belajar dari berbagai brand besar yang rela mengeluarkan waktu dan tenaga untuk menciptakan campaign sampai iklan yang kreatif. Ini dilakukan dengan sengaja agar keunikan tersebut bisa diperhatikan dan akhirnya diingat banyak orang.

4. Kepercayaan adalah Kunci

Kepercayaan harus jadi pusat dari segala aktivitas dan strategi pemasaran yang kamu kerahkan. Kamu boleh membuat strategi pemasaran seperti apapun yang kamu mau, namun semuanya harus tetap transparan, jelas, dan tidak membohongi pelanggan.

Proses meraih kepercayaan ini akan jadi proses yang panjang, tapi yang jelas, jika itu sudah bisa diraih, pelangganmu tidak akan pernah melupakan brand kamu. 

5. Selalu Mulai dengan Riset

Pelajaran yang satu ini adalah pelajaran klasik yang mungkin tidak akan pernah mati: Bahwa dalam menerapkan setiap strategi pemasaran untuk usahamu, kamu harus selalu mulai dengan riset.

Riset ini menyangkut beragam aspek, dan pertama-tama, dimulai dengan riset target pasar. Selanjutnya, kamu bisa melakukan riset mengenai strategi pemasaran, metode pemasaran, sampai lokasi pemasaran yang ingin kamu terapkan.

Riset akan selalu, dan tetap, jadi penyokong utama dari penerapan pemasaran yang berhasil.

Kesimpulan

Di tahun yang baru ini, tidak semua perlu berubah, termasuk cara kamu memasarkan usaha dan produkmu. Terkadang, ada beberapa hal dari tahun yang lama yang bisa kamu pertahankan, dan bukan tidak mungkin, bisa tetap bertahan di waktu yang akan datang.

Kalau menurutmu, mana yang belum kamu terapkan sekarang ini untuk usahamu?

Contact Us