Figure Blog

5 Tips Ekspansi Usaha Tanpa Perlu Mengorbankan Kualitas Usaha Kamu!

10 Feb 2023

Bertumbuh dan berkembangnya suatu usaha selalu sejalan dengan bertambahnya tantangan dan kesulitan yang dihadapi.

Ketidakmampuan suatu usaha menghadapi tantangan seiring perkembangannya pada akhirnya nggak mampu mempertahankan kualitasnya, baik dalam hal kualitas produk hingga pelayanan.

Biar hal tersebut nggak terjadi, kami sudah merangkum 5 tips untuk membantu kamu mempertahankan kualitas usahamu walau usaha kamu sedang berkembang dan melakukan ekspansi.

Ekspansi Usaha Tanpa Perlu Mengorbankan Kualitas, Lakukan 5 Tips Ini!

1. Ketahui Timing yang Tepat

Dalam melakukan ekspansi usaha, kamu butuh tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Jangan hanya karena kamu merasa sudah memiliki modal yang cukup atau pelanggan yang banyak, maka kamu segera memutuskan ekspansi usaha.

Ekspansi usaha yang baik dilakukan dengan rencana yang matang dan penilaian yang menyeluruh atas setiap aspek usaha kamu.

Rencana ini meliputi riset pasar hingga strategi marketing yang tepat untuk lokasi usaha kamu yang baru. Selain itu, jangan lupa juga menilai bagaimana kondisi internal usaha kamu.

2. Selalu Utamakan Pelanggan

Setiap usaha yang memegang erat prinsip customer first akan dengan mudah bertumbuh dan berkembang.

Dengan fokus pada selera, minat, hingga kebutuhan pelanggan, kamu dijamin nggak akan kesulitan ketika melakukan ekspansi usaha.

Selain itu, jangan lupa juga untuk fokus dalam membangun relasi dan interaksi dengan pelanggan. Penerapan program CRM hingga customer service plan yang matang akan membantu kamu mengenal pelanggan kamu dengan lebih mudah dan mengelola komplain mereka menjadi kepuasan.

Ilustrasi Startup yang Berkembang Pesat

Sumber: Freepik

3. Tetaplah Up to Date dengan Perkembangan Teknologi

Seiring usahamu bertumbuh dan berekspansi, tetap up to date dengan teknologi-teknologi terkini menjadi perilaku yang perlu kamu miliki.

Hal ini bukan hanya soal ketinggalan zaman, tetapi juga beradaptasi dan menjadi dinamis terhadap kebutuhan pasar. Pasalnya, pelanggan juga perlahan akan beradaptasi atas teknologi-teknologi terbaru.

Di sisi lain, dengan mengikuti perkembangan teknologi, kamu akan lebih mudah beradaptasi dan menggunakan teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang kamu hadapi dalam usaha kamu.

4. Buatlah Goal yang Realistis

Bermimpi dan bercita-cita setinggi langit adalah hal yang baik.

Namun, ada baiknya apabila kamu juga bisa lebih realistis apabila mimpi atau cita-cita yang tinggi tersebut belum mampu kamu raih.

Menjadi realistis artinya kamu menyadari dan merefleksikan kemampuan internal usaha kamu serta membuat kamu menyesuaikan goal yang kamu punya sesuai dengan kemampuan usahamu.

Agar lebih mudah membuat goals yang realistis, kamu bisa menerapkan beberapa metode goal setting yang tersedia, seperti metode P.A.C.T. yang lebih praktis dan bisa diukur pengerjaannya.

5. Temukan Orang-orang Terbaik

Orang-orang terbaik bukan hanya orang-orang yang punya keahlian maupun pengalaman.

Orang-orang terbaik adalah orang-orang yang mampu merepresentasikan usahamu sesuai dengan visi, misi, dan value usaha yang ingin kamu punya dan wujudkan.

Akan sangat percuma apabila kamu punya seseorang dengan bakat atau potensi, namun ia nggak bisa fit dengan kultur perusahaan dan nggak bisa menyesuaikan diri sesuai dengan brand usaha kamu. Hal ini jelas akan memengaruhi performanya dalam memberikan yang terbaik buat pelanggan kamu.

Kesimpulan

Jangan pernah takut akan tantangan dan masalah yang bermunculan seiring usahamu berekspansi dan berkembang. Kamu perlu menerapkan cara-cara di atas biar ekspansi usaha kamu berjalan lebih mulus dan kamu bisa tetap konsisten memberi kualitas usaha terbaik buat pelanggan kamu.

Jika salah satu masalah yang muncul saat usahamu berkembang berhubungan sama manajemen stok barang, coba saja Onstock yang siap bantu kamu kelola stok barang jadi lebih mudah!

Onstock bakal terus membantu memastikan stok barang kamu tersedia dan kamu bisa kelola keuangan dan laporan usahamu dengan lebih praktis!

Contact Us