Figure Blog

5 Tips Hadapi Monthly Sale di eCommerce Tanpa Perlu Kewalahan!

18 Mar 2024

Kalau kamu berjualan di eCommercemonthly sale dengan tanggal cantik atau momen flash sale adalah beberapa momen yang pastinya rutin kamu hadapi.

Bila dihitung dari hari ini, momen monthly sale di bulan mungkin masih jauh ya, Stockers. Tapi, kamu tetap perlu persiapan dan kiat yang mantap untuk menghadapi monthly sale demi meraih penjualan yang lebih tinggi lagi! Apa saja yang bisa kamu lakukan?

5 Tips Hadapi Monthly Sale di eCommerce Tanpa Perlu Kewalahan!

1. Rencanakan Promosimu Sejak Dini

Setiap bulannya, kamu harus memiliki rencana promosi dan pemasaran yang jelas sebelum monthly sale dimulai.

Kamu bisa mulai dengan merancang jadwal dan jenis konten yang ingin kamu unggah ke media sosial, website, sampai platform eCommerce yang kamu masuki. Kamu juga bisa gandeng beragam influencer untuk mempromosikan produkmu dan mengirimkan automated message ke para langgananmu untuk memberitahu mereka soal monthly sale yang akan dimulai.

Perencanaan promosi yang matang akan membantu pemasaranmu lebih terarah dan membangun hype yang berkaitan dengan produkmu.

2. Pasang Target yang Realistis

Monthly sale memang jadi momen yang tepat untuk memperoleh pundi-pundi pendapatan untuk usahamu, namun jangan terlalu bombastis dalam memasang target.

Pasanglah goal yang kamu rasa realistis untuk usahamu. Kamu bisa mulai dengan menentukan breakeven point sampai dengan berapa banyak pendapatan tambahan yang ingin kamu raih selama periode monthly sale.

3. Kombinasikan Beragam Jenis Promo dan Diskon

Apa yang menarik dari monthly sale tentunya adalah promo dan diskon yang ditawarkan setiap brand. Tawaran yang diberikan pun tidak hanya satu, tetapi variatif.

Agar lebih menarik, kamu bisa coba mengkombinasikan beragam jenis promo dan diskon untuk para pelanggan barumu. Untuk pelanggan lama, kamu bisa berikan promo yang dengan nominal yang lebih besar dan menarik sehingga mereka tidak kabur ke brand lain.

4. Pastikan Persediaanmu Aman

Jangan hanya siagakan website kamu untuk menampung para pelanggan yang ingin berbelanja di tokomu ya. Kamu harus ingat juga untuk memastikan persediaanmu tetap aman dan terjaga.

Ketika monthly sale tiba, lonjakan permintaan bisa terjadi tanpa kamu ketahui. Kamu bisa belajar dan berkaca dari pengalaman monthly sale sebelumnya dan tentukan berapa banyak persediaan yang perlu disiapkan.

5. Pelajari dan Evaluasi Perilaku Pelanggan

Setiap monthly sale selalu ada perubahan dan perbedaan. Dari sini, kamu mesti terus mempelajari setiap monthly sale dan menemukan hal yang bisa kamu pelajari dan evaluasi mengenai perilaku para pelangganmu.

Misalnya, bila monthly sale di bulan lalu produk pakaian yang lebih laku berupa kaos dan kemeja, kamu mungkin bisa menyiapkan kedua produk tersebut lebih banyak lagi.

Selain itu, pelajari juga jenis promo atau diskon seperti apa yang bikin pelangganmu tertarik dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Rutinnya monthly sale di setiap bulannya membuat kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebaik dan sematang mungkin dengan waktu yang singkat. Beberapa tips di atas dijamin akan mempermudah kamu untuk menghadapi monthly sale!

Contact Us