Memiliki sebuah bisnis yang pertumbuhannya melonjak drastis sudah pasti akan bikin setiap orang kaget dan senang bukan kepalang.
Namun, pertumbuhan ini harus ditanggapi dan ditangani dengan cermat dan cara yang tepat.
Bila kamu gagal dalam menanganinya, maka kamu harus siap melihat bisnismu bertumbuh dengan stagnan atau justru terjun bebas.
Lantas, apa saja yang kamu perlu lakukan agar kamu bisa menangani bisnis kamu yang bertumbuh drastis?
Rencana atau blueprint bisnis yang jelas, detail, dan pasti ibarat peta yang akan membawa bisnis kamu kemanapun kamu mau. Kamu nggak akan tersesat, dan kamu akan lebih mudah tiba pada tujuan yang ingin kamu tuju.
Rencana bisnis tersebut harus kamu jabarkan: Mulai dari operasional, sumber daya manusia, keuangan, hingga produk dan kultur kerja.
Setiap rencana yang jelas terkait tiap aspek bisnis tersebut memungkinkan kamu untuk membawa bisnis kamu ke arah yang jelas. Kamu tinggal fokus untuk meluangkan waktu, modal, dan tenaga kamu untuk mematangkan setiap aspek dalam rencana tersebut agar bisnis kamu bisa berjalan dan terus bertumbuh dengan konsisten.
Di samping itu, selalu siapkan skenario cadangan dan fleksibel. Hal ini memungkinkan kamu untuk beradaptasi dan menyesuaikan bisnis kamu dengan keadaan pasar, kompetisi, hingga keadaan internal bisnis kamu.
Tetaplah terencana dan adaptif di saat yang bersamaan agar kamu bisa menangani setiap kejutan tanpa kewalahan.
Setiap bidang atau industri di dalam bisnis memang penuh dengan persaingan. Semuanya berlomba-lomba untuk menjadi yang nomor wahid. Di sini, inovasi berperan penting.
Namun, ketika bisnis kamu mulai bertumbuh dan melonjak dengan drastis, inovasi tetap diperlukan - Namun, kamu memerlukan kehati-hatian dan kecermatan yang ekstra.
Inovasi dan ide produk kamu haruslah didasarkan pada respon pelanggan kamu dan tanggapan dari masyarakat mengenai produk yang kamu jual.
Dengan mendengarkan apa tanggapan mereka, kamu akan dengan mudah mampu mengembangkan dan menyempurnakan produk kamu yang sudah ada di pasaran dan menemukan ide produk yang dapat kamu rilis di masa depan.
Sumber: Freepik.com
Sebagai pemilik bisnis, kamu nggak hanya butuh pelanggan sebagai seseorang yang bisa memberikan tanggapan dan respon untuk bisnis kamu.
Kamu butuh seorang ahli yang memang sudah berpengalaman dalam bidang yang serupa yang kamu tekuni, siapapun itu - Entah itu pelaku bisnis, konsultan, hingga praktisi.
Setidaknya, kamu punya seseorang di samping kamu yang pernah terjun di bidang yang sama atau yang kaya akan pengalaman bisnis untuk memberitahu kamu apa yang harus dan nggak harus kamu lakukan untuk bisnis kamu.
Ketika kamu mulai melihat atau merasakan bahwa bisnis kamu akan mengalami hypergrowth, maka sudah saatnya bagi kamu untuk fokus berinvestasi pada talenta-talenta terbaik yang bisa cocok dengan bisnis kamu.
Menemukan talenta dan sumber daya manusia yang berkualitas (Secara kemampuan dan kepribadian) dan tepat dengan bisnis kamu akan membantu kamu untuk menunjang pertumbuhan bisnis kamu secara konsisten.
Kamu dan tim kamu pun nggak perlu kewalahan menangani pertumbuhan bisnis yang melonjak drastis karena kamu memiliki talenta terbaik di setiap divisi bisnis kamu.
Ketika bisnis mulai bertumbuh dengan pesat, maka sudah saatnya kamu melakukan delegasi untuk setiap aspek bisnis yang krusial.
Kalau kamu masih memilih untuk mengerjakan semuanya sendiri, kamu akan kewalahan dan berpotensi mengalami kelelahan hingga burnout. Akibatnya, kamu pun nggak bisa fokus dan mengambil keputusan dan tindakan dengan tepat untuk membawa bisnismu ke arah yang lebih positif.
Mempercayakan beberapa orang untuk mengendalikan dan mengawasi setiap aspek bisnis yang penting memang nggak mudah. Namun, itu harus kamu lakukan. Oleh karenanya, memilih orang yang tepat secara kepribadian dan kompetensi untuk setiap aspek bisnis yang ada merupakan sebuah kewajiban.