Figure Blog

5 Tips Jitu Membuat Bio Instagram yang Menjual untuk Jualan Online!

11 Aug 2023

Apa fitur dalam Instagram yang sangat membantu untuk membantu jualan online?

Sebagian besar orang mungkin akan menjawab Instagram Story karena kemampuannya membuat konten marketing yang menarik, sebagian besar lagi mungkin akan menjawab Instagram Shopping karena membantu pelanggan untuk belanja dari Instagram langsung.

Tapi, jauh sebelum hadirnya dua fitur itu, ada satu fitur super sederhana yang bisa jadi senjata penting untuk kamu bersaing dalam jualan online: Bio Instagram.

Melalui pembahasan kali ini, kita akan melihat bagaimana membuat bio Instagram yang super menarik dan menjual agar kamu bisa jualan online dengan lebih mudah di Instagram!

5 Tips Membuat Bio Instagram yang Menarik & Menjual untuk Jualan Online!

1. Sajikan Informasi dalam Bentuk Poin-poin

Menulis informasi usahamu dalam bentuk kalimat yang panjang dan bertele-tele bukan hanya akan menghabiskan limit yang disediakan Instagram, tetapi juga membuatnya jadi sulit untuk dibaca.

Dengan informasi yang disajikan dalam bentuk bullet points, kamu bisa menyajikan informasi penting dengan singkat, jelas, padat, sekaligus mudah dibaca dan nyaman dilihat di mata.

2. Tambahkan Tombol CTA

Kalau kamu sudah menggunakan fitur Instagram Business, kamu bisa menambahkan tombol Call to Action kamu sendiri sesuai dengan kepribadian dan kategori usahamu.

Dengan tombol CTA, pelanggan kamu bisa segera membeli produk di website kamu atau menghubungi nomor kontak usahamu yang telah kamu sediakan.

3. Tambahkan Lokasi

Informasi sesederhana lokasi akan sangat bermanfaat buat orang-orang yang mengunjungi bio Instagram usahamu. Mereka jadi tahu di mana lokasi usahamu dan bisa memutuskan untuk segera mengunjunginya atau ingin mencari usahamu dengan lebih mudah.

4. Gunakan Hashtags

Hashtag adalah elemen di dalam media sosial yang sangat efektif untuk membangun komunitas dan mengumpulkan pelanggan setiamu.

Kamu perlu sekreatif mungkin membuat hashtag agar kamu bisa mempromosikan usahamu dengan cara yang lebih mudah dan mengumpulkan orang-orang yang memang menyukai produkmu.

Kalau kamu ingin membangun komunitas yang berisikan para pelanggan setiamu, hashtag adalah jalan yang tepat.

5. Sematkan Link Tools

Bio Instagram memiliki batasan karakter. Oleh karenanya, kamu perlu mencari cara lain untuk menambahkan informasi penting di bio Instagram usahamu tanpa harus buang-buang karakter.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan link tool yang sudah disediakan Instagram baru-baru ini atau menggunakan tool seperti Linktree.

Dengan link tools, kamu bisa memasukkan berbagai link penting yang bisa kamu hubungkan dengan situs resmi, online store, sampai nomor kontak usahamu bila pelanggan ingin menyampaikan komplain.

Kesimpulan

Bio Instagram menjadi salah satu elemen yang tidak boleh kamu lupa saat kamu akan membuka usahamu dan menjual produk secara online.

Dengan bio Instagram yang ditulis dan dirancang dengan baik, pelanggan akan mudah bertekuk lutut dengan usahamu!

Contact Us