Figure Blog

5 Tips Kelola Usaha Sambil Menjadi Orang Tua Hebat dengan Mudah!

28 Jul 2023

Mengelola usaha sendiri saja sudah menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi ketika seseorang sudah jadi orang tua.

Mereka harus mengurus anak-anaknya, rumah tangga, sembari memikirkan bagaimana usaha mereka bisa dikelola dengan jitu dan lancar.

Untuk kamu para pengusaha yang kini sudah jadi orang tua alias seorang parentpreneur, 5 tips di bawah ini akan memudahkanmu untuk setidaknya bisa mengerjakan dua hal yang penuh tantangan ini.

5 Tips Mengelola Usaha Sembari Menjadi Orang Tua yang Hebat dengan Mudah!

1. Ketahui Batasan Diri

Mudah sekali rasanya untuk tenggelam dalam sibuknya pekerjaan. Kamu bahkan bisa kerja lebih dari yang biasanya dan justru mengabaikan keluarga dan anak-anak kamu.

Sebelum ini terjadi, baiknya ketahui dulu batasan kerja dan kemampuanmu. Jangan terus-menerus paksa diri kamu buat bekerja lebih setiap hari. Ada keluarga dan anak-anak kamu yang menunggumu di rumah berharap agar kamu bisa meluangkan waktu buat mereka.

2. Kendalikan Jadwal Kerja

Ketika usahamu sedang naik-naiknya atau sedang ramai peminat, kesulitan menangani dan mengendalikan jadwal sering jadi salah satu hal yang dialami.

Namun, kamu harus bisa punya kendali penuh atas isi kalender alias jadwal kerjamu. Selalu luangkan waktu hanya pada pekerjaan atau tugas yang benar-benar penting. Jangan sampai kamu tunduk pada sibuknya jadwal kamu sampai keluargamu kurang kamu perhatikan.

Ingat: Setiap hal yang berkaitan dengan pekerjaan perlu kamu jadwalkan agar nantinya tidak bergesekan dengan waktumu dengan keluargamu.

3. Work Life Balance = Mitos

Banyak orang berusaha mencapai suatu kondisi yang disebut work life balance, di mana pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka bisa seimbang.

Faktanya, hal itu tidak pernah ada. Akan selalu ada satu hari di mana kamu harus benar-benar meluangkan waktumu untuk bekerja dan ada satu hari di mana kamu bisa meluangkan waktumu untuk keluargamu.

Berusaha untuk mencapai kondisi ini hanya akan bikin kamu pusing dan pada akhirnya tidak dapat bekerja dan mengatur keluarga dengan fokus dan baik.

4. Jangan Bergantung Pada Diri Sendiri

Jangan pernah mengelola usahamu sendirian. Ketika pekerjaan dalam usahamu semakin menumpuk, sudah saatnya kamu mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain yang bisa bekerja untukmu.

Dengan begitu, tugasmu saat mengelola usaha hanya fokus pada pekerjaan yang penting seperti perencanaan dan decision making saja dan waktumu bisa kamu pakai untuk lebih banyak berinteraksi dengan keluargamu.

5. Kurangi Distraksi

Di tengah dunia yang serba ramai ini, rasanya begitu sulit untuk fokus dan konsentrasi penuh pada pekerjaan dan usaha yang kamu jalani. Walau tidak bisa kamu hilangkan sepenuhnya, kamu bisa mengurangi distraksi yang ada di sekitarmu.

Minimalisir penggunaan media sosial. Belajarlah untuk fokus pada momen yang ada pada saat ini. Jangan pernah pikirkan hal-hal lain yang bisa memusingkan pikiranmu. Hanya dengan begitu kamu akan bisa mengelola usaha dan berinteraksi dengan keluarga dengan fokus yang penuh.

Kesimpulan

Kamu tidak perlu takut ketika waktumu tiba untuk menjadi seorang pengusaha sekaligus orang tua.

Dengan beberapa tips di atas, kamu akan tetap bisa punya kendali penuh atas usahamu sekaligus mengurus kebutuhan rumah tangga dan anak-anakmu!

Contact Us