Figure Blog

5 Tips Manfaatkan Kode Promo dengan Efektif untuk Naikkan Sales Online Store Kamu!

19 Dec 2023

Kode promo adalah taktik yang paling mudah untuk bikin sales usahamu meroket. Hanya dengan beberapa kode angka dan huruf sederhana, pelangganmu bisa dapat potongan dan usahamu bisa memperoleh penjualan lebih banyak.

Walaupun sesederhana itu, proses merancang dan memanfaatkan kode promo harus kamu kelola matang-matang. Ikuti 5 tips ini supaya kamu bisa membuat kode promo yang baik dan memanfaatkannya untuk mendongkrak sales dari online store kamu!

5 Tips Manfaatkan Kode Promo dengan Efektif untuk Online Store Kamu!

1. Tentukan Jenis Promo

Jenis promo adalah elemen pertama dari kode promo yang ingin kamu terapkan untuk online store kamu. Jenis promo harus jelas didefinisikan karena hal ini yang akan menentukan bagaimana promo kamu bekerja saat diterapkan.

Misalnya, kalau kamu menerapkan promo buy one get one, berarti mekanismenya pelanggan bisa mendapatkan satu produk gratis bila membeli satu produk tertentu.

2. Sesuaikan Promo dengan Target Pendapatanmu

Promo seringkali ditujukan untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan, tapi jangan sampai kamu menerapkan promo hanya untuk itu saja.

Pikirkan juga bagaimana promo yang kamu terapkan bisa memberikan keuntungan untuk usahamu. Untuk itu, kamu perlu memiliki target pendapatan untuk setiap promo dan menyesuaikannya dengan target tersebut.

Hal ini agar promo yang diterapkan tidak membebani atau bahkan memperburuk keuangan usahamu secara keseluruhan.

3. Tetapkan Waktu Kadaluarsanya

Waktu atau tanggal kadaluarsa menjadi elemen lain yang perlu diperhatikan saat menerapkan dan memanfaatkan kode promo untuk meningkatkan penjualan.

Bila kamu tidak menerapkan waktu kadaluarsa, pelanggan berpotensi akan menggunakannya sesuka mereka dan ini akan melukai usahamu secara perlahan. Di sisi lain, kehadiran waktu kadaluarsa bisa mendorong pelanggan untuk segera me-redeem atau menukarkan kode promonya dengan segera.

4. Berikan Batasan yang Jelas

Pembatasan adalah kunci dalam menyediakan kode promo yang bisa menguntungkan usahamu. Pembatasan ini bukan hanya berlaku dalam bentuk waktu kadaluarsa, tetapi juga dalam bentuk jenis produk yang akan dibeli sampai nominal belanja pelanggan.

Kamu bisa menentukan batasan bahwa kode promo itu hanya bisa digunakan untuk produk tertentu untuk mendongkrak penjualan produk tersebut atau menetapkan bahwa promo tersebut hanya bisa digunakan ketika nominal belanja mencapai minimalnya.

5. Permudah Proses Penukaran

Para pelangganmu ingin kode promo mudah digunakan. Oleh karena itu, kamu mesti membangun prosedur dan sistem yang memudahkan mereka melakukan proses penukaran kode promonya.

Misalnya, ketika pelanggan input kode promo, kamu harus membuat proses penukaran otomatis sehingga pelanggan bisa memperoleh promo dengan cepat dan otomatis.

Kesimpulan

Secara konsep, kode promo memang menarik dan sulit ditolak pesonanya. Namun, kamu tetap saja butuh proses yang solid dalam merancang kode promo agar efeknya benar-benar terasa untuk usahamu.

Contact Us