Menentukan target pasar memang menjadi sebuah proses yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu.
Kamu harus mengumpulkan berbagai informasi untuk kemudian menentukan target pasar yang ideal bagi usahamu.
Tapi, kalau kamu menginginkan cara riset dan menentukan target pasar yang lebih mudah dan bisa membantumu hemat waktu, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu jalannya. Bagaimana menerapkannya?
Setiap orang di media sosial sesekali akan membagikan informasi (Baik tulisan, video, maupun gambar) mengenai apapun yang mereka suka dan nggak suka.
Artinya, dari informasi ini, kamu bisa mempelajari selera atau preferensi produk mereka.
Kamu nggak hanya perlu memahami selera dari pelanggan kamu saja. Kamu juga perlu memahami selera dari pelanggan milik kompetitor kamu. Hal ini akan membantu kamu memahami apa yang disukai dari orang-orang yang ada di bidang usaha yang kamu geluti.
Naik turunnya tren menjadi salah satu hal yang akan memberikan kamu informasi mengenai orang-orang yang berada di dalam bidang usaha yang kamu geluti.
Dengan memahami tren yang ada, kamu bisa menentukan siapa saja audiens yang tepat untuk brand kamu dan bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak awareness dan menemukan cara yang tepat untuk terhubung dengan para pelanggan kamu.
Nggak jarang kamu akan menemukan orang-orang memberikan review atau opini mereka soal brand atau produk kamu.
Di antara review tersebut, coba temukan review yang membahas apa yang mereka suka soal brand atau produk kamu.
Kumpulkan informasi ini dan kamu akan mampu menambah basis pelanggan dengan mudah dengan menarik pelanggan yang sudah kompetitor. Kamu pun juga akan mampu meningkatkan dan mempertahankan nilai positif yang sudah brand kamu tonjolkan.
Nggak bisa dipungkiri, hampir setiap orang kini memakai media sosial sebagai channel komunikasi mereka.
Dari sudut pandang kamu sebagai pemilik usaha, kondisi ini adalah sesuatu yang perlu kamu pelajari dan manfaatkan.
Pasalnya, dengan mempelajari setiap media sosial dan mengenali kepribadian setiap penggunanya, kamu akan mampu menemukan media sosial yang tepat untuk kamu pakai untuk menyasar target pasar kamu.
Selain berkomunikasi, orang-orang banyak menggunakan media sosial untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.
Nah, dari sini, kamu bisa mempelajari seperti apa informasi yang mereka cari dan butuhkan ketika menggunakan media sosial.
Dengan memahami informasi yang mereka cari dan butuhkan, kamu akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan kamu dengan mudah dan bukan nggak mungkin, memperoleh pelanggan dari kompetitor kamu dengan memanfaatkan peluang konten yang kompetitor kamu nggak miliki.
Nggak bisa dipungkiri, hampir setiap orang kini memakai media sosial sebagai channel komunikasi mereka.
Dari sudut pandang kamu sebagai pemilik usaha, kondisi ini adalah sesuatu yang perlu kamu pelajari dan manfaatkan.
Pasalnya, dengan mempelajari setiap media sosial dan mengenali kepribadian setiap penggunanya, kamu akan mampu menemukan media sosial yang tepat untuk kamu pakai untuk menyasar target pasar kamu.