Figure Blog

5 Tips Manfaatkan WhatsApp Business untuk Melayani Pelanggan Lebih Baik!

21 Jul 2023

WhatsApp Business bisa dikatakan merupakan salah satu aplikasi pendukung usaha yang cukup banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk UMKM.

Walau sifatnya lebih terbatas karena tidak menyediakan iklan untuk menjangkau pelanggan, aplikasi ini bisa sangat berguna untuk melayani pelanggan yang langsung menjangkau suatu usaha melalui chatting.

Kalau kamu berencana mulai menggunakan WhatsApp Business atau sedang menggunakannya namun belum memanfaatkannya dengan baik, 5 tips berikut ini akan sangat berguna buat kamu!

5 Tips Manfaatkan WhatsApp Business untuk Layani Pelanggan Lebih Baik!

1. Balas Sesegera Mungkin

Satu hal yang abadi dari setiap pelanggan: Mereka tidak suka dibuat menunggu, termasuk menunggu balasan dari toko yang ia kunjungi.

Fakta ini membuat kamu harus merespon pesan atau pertanyaan pelanggan sesegera mungkin karena ini adalah peluang yang tidak boleh kamu lewatkan.

Bila pelanggan menunggu terlalu lama, ujung-ujungnya pelanggan akan pindah ke toko lain atau kompetitormu.

2. Pakai Chatbot atau Quick Replies

Apabila kamu seringkali terkendala dengan membalas cepat atau menjadi responsif, kamu bisa menggunakan chatbot yang bisa langsung merespon pesan pelanggan atau memanfaatkan fitur quick replies.

Dengan menggunakan salah satu dari kedua fitur tersebut, pertanyaan pelanggan yang sifatnya umum, misalnya mengenai usahamu atau produkmu, bisa terjawab dengan cepat tanpa bikin pelanggan menunggu lama.

Selain itu, chatbot atau quick replies juga merupakan perpanjangan tangan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan saat kamu tidak bisa responsif. Setelah kamu tersedia, kamu bisa langsung merespon pertanyaan pelanggan dengan lebih natural.

Ilustrasi Seorang Wanita dengan Logo WhatsApp

Sumber: Freepik

3. Sediakan Katalog Produk

Salah satu fitur menarik dari WhatsApp Business adalah fitur katalog produk yang memungkinkan kamu menyediakan list berisi berbagai produk yang kamu jajakan.

Fitur ini akan sangat berguna apabila pelanggan ingin berbelanja namun ingin tahu terlebih dahulu produk apa saja yang tersedia di tokomu.

Buatlah katalog produk yang detail, lengkap dengan kategorinya masing-masing dan informasi yang lengkap. Pelanggan dijamin akan lebih mudah mengetahui dan memahami informasi soal produk yang kamu punya.

4. Sambut Pelanggan dengan Welcome Message

Ketika pelanggan mulai mengirimkan pesan atau pertanyaan ke WhatsApp Business kamu, siapkan welcome message khusus untuk menyambut mereka.

Cara ini akan membantu mereka untuk merasa lebih dekat dan terhubung dengan usahamu. Buatlah mereka seolah-olah seperti disambut ketika masuk ke dalam toko sesungguhnya.

5. Buat Profil yang Optimal

Profil yang optimal adalah profil yang diisi dengan informasi yang jelas, detail, dan akurat.

Sebagai pemilik usaha, sudah sebaiknya kamu memberikan semua informasi usaha kamu yang dibutuhkan pelanggan di halaman profil WhatsApp Business kamu.

Tidak hanya itu, profil yang optimal akan membantu membangun first impression yang positif di dalam diri pelanggan terhadap usahamu.

Kesimpulan

Berbagai tips di atas akan memudahkan kamu yang baru mulai menggunakan WhatsApp Business untuk melayani pelanggan di platform instant messaging tersebut.

Ke depannya, WhatsApp tentu akan merilis berbagai fitur dan terus mengembangkan aplikasinya agar kamu semakin mudah mengelola usaha dan melayani pelanggan lewat aplikasi tersebut.

Contact Us