Figure Blog

5 Tips Menerapkan Subscription Program untuk Usaha Kamu!

1 Feb 2023

Ketika mendengar subscription, maka istilah ini akan mengingatkan kamu pada produk-produk non fisik, seperti NetFlix hingga Spotify.

Hal tersebut nggak sepenuhnya salah. Tapi, apakah kamu tahu kalau subscription program juga bisa kamu terapkan untuk kamu yang menjual produk fisik.

Lantas, bagaimana menerapkan subscription program untuk kamu yang menjual produk fisik?

5 Tips untuk Menerapkan Subscription Program untuk Usaha Kamu

1. Pertimbangkan Model Subscription yang Ingin Dipakai

Sebelum menerapkan subscription program untuk usaha kamu, pertimbangkan terlebih dahulu jenis-jenis model subscription yang ingin kamu pakai.

Kamu bisa menerapkan subscription program berbasis tiersubscription program dengan sistem membership, hingga subscription program yang menyajikan beragam jenis paket sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Fokus pada Value Produk

Satu hal yang perlu diingat dalam menerapkan subscription program adalah bagaimana kamu mampu menciptakan value untuk produk kamu.

Ketika produk kamu memiliki value (Mampu menjawab kebutuhan pelanggan dan punya harga yang sepadan), kamu bisa dengan mudah meyakinkan pelanggan untuk berlangganan produk kamu. 

3. Sesuaikan Harga dengan Produk

Bersamaan dengan value, terdapat juga komponen harga langganan untuk dipertimbangkan dalam menerapkan subscription program kamu.

Seseorang hanya akan berlangganan apabila ia merasa bahwa harga yang kamu tawarkan sepadan dengan benefit atau keuntungan dari produk yang kamu tawarkan kepada mereka.

Bila seseorang merasa harga yang mereka harus bayarkan cenderung nggak sepadan dengan benefit yang diterima, maka mereka akan nggak berlangganan (Dan yang telah berlangganan pun akan menghentikan langganannya).

4. Manfaatkan Kekuatan Konten Media Sosial

Penerapan subscription program harus diiringi dengan pemasaran yang baik dan tepat.

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan subscription program kamu adalah membagikan konten mengenai subscription program kamu di media sosial usaha kamu.

Konten yang ditawarkan bisa cukup variatif. Kamu bisa membagikan cerita mengenai behind the scene produk kamu, proses pembuatannya, hingga cerita dan inspirasi di balik produk yang kamu tawarkan di subscription program kamu. Jangan lupa juga bagikan cerita mengenai orang-orang yang sudah berlangganan produk kamu.

5. Lakukan Upselling di Toko Kamu

Apabila masih ada orang-orang yang belum berlangganan produk kamu meski mereka sudah rutin berbelanja di tempatmu, kamu bisa melakukan upselling secara langsung kepada mereka.

Ketika mereka sedang bertransaksi di kasir, kamu bisa langsung tawarkan mereka dan menyediakan QR code untuk mereka scanQR code tersebut perlu kamu isi dengan konten yang menjelaskan subscription program kamu dengan ringkas dan mudah dipahami.

Subscription Based Coffee Box

Sumber: Gordi.id

Contoh Subscription Program yang Bisa Kamu Pelajari

Kalau kamu ingin membuat subscription program, maka kamu bisa menengok Gordi sebagai contoh terbaik dari usaha yang menggunakannya.

Gordi sejatinya merupakan sebuah coffee shop yang bertempat di Jakarta Selatan. Meski begitu, coffee shop ini juga menyediakan layanan subscription-based coffee box.

Program yang diterapkan Gordi ini memungkinkan para pelanggannya untuk berlangganan dan menerima satu boks kopi setiap bulannya.

Di dalam boks tersebut, ada sebungkus kopi yang telah dipilih secara random oleh Gordi, kartu berisi informasi mengenai biji kopi yang diterima, hingga kartu rekomendasi resep seduh.

Yang menarik dari subscription program milik Gordi ini terletak pada beberapa hal.

Pertama, meski pelanggan nggak bisa memilih sendiri biji kopinya, tapi Gordi akan mengirimkan kopi lokal ataupun internasional berkualitas tinggi pilihan mereka yang berasal dari roastery ternama. Hal ini memungkinkan Gordi untuk memberikan elemen kejutan buat pelanggannya.

Kedua, sistem subscription Gordi yang sangat memudahkan pelanggan. Pasalnya, pelanggan bisa memilih untuk skip pengiriman ke bulan selanjutnya apabila sedang nggak ada di rumah ketika hari pengiriman.

Terakhir, produk yang ditawarkan punya value yang tinggi. Hal ini dilihat dari isi boks yang dikirim Gordi. Pelanggan nggak hanya bisa menerima sebungkus biji kopi pilihan yang terjamin kualitasnya, tetapi juga menerima kartu informasi kopi yang unik dan kartu resep untuk jadi acuan pembuatan kopi.

Kesimpulan

Membuat subscription program perlu mengingat tiga hal: Model dari subscription program kamu, value produk yang kamu tawarkan, hingga kesesuaian harga.

Dengan fokus pada 3 hal tersebut, diiringi dengan cara pemasaran yang tepat, kamu akan bisa memperoleh subscriber yang setia untuk terus berlangganan dengan produk kamu.

Contact Us