Figure Blog

5 Tips Retail Shelving untuk Bikin Pengalaman Belanja Pelanggan Lebih Nyaman!

29 Aug 2023

Pengalaman belanja pelanggan ditentukan oleh banyak faktor di dalam sebuah toko.

Menariknya, bukan hanya pelayanan dari staf toko saja yang bikin hal itu jadi menyenangkan, tetapi juga bagaimana produk dan rak display alias retail shelving diatur.

Dalam pembahasan ini, kita akan melihat 5 tips sederhana menerapkan retail shelving untuk bikin pelanggan lebih nyaman saat berbelanja di tokomu.

5 Tips Retail Shelving yang Bisa Bikin Pengalaman Belanja Pelanggan Lebih Nyaman!

1. Tempatkan Produk di Area yang Mudah Diakses

Kunci terpenting dalam menerapkan retail shelving adalah penempatan produk yang aksesnya mudah. Artinya produk yang kamu jual di tokomu haruslah bisa dijangkau tangan sekaligus dilihat dengan mudah.

Tentunya, kamu tidak mau bikin pelangganmu repot-repot memanjat, bukan?

2. Rutin Membersihkan Rak Display

Membiarkan rak display produk kotor atau berdebu adalah cara terbaik untuk bikin pelanggan buru-buru pergi dari tokomu.

Dalam mengelola produk di tokomu, ingatlah untuk rutin membersihkan rak display dan sela-sela raknya. Disarankan bagi kamu untuk melakukan aktivitas ini setiap akan membuka dan menutup toko.

3. Perbarui Susunan Produk dan Rak secara Berkala

Jangan biarkan tokomu menjadi tempat yang membosankan untuk kamu dan pelangganmu. Sesekali, kamu bisa menyediakan suasana baru dengan mengubah susunan rak dan produk secara rutin, mungkin 2 atau 3 bulan sekali.

Tips ini memungkinkan kamu untuk menciptakan suasana yang lebih menyegarkan di tokomu tanpa harus buang-buang biaya, kecuali kalau kamu ternyata membutuhkan rak display baru untuk menggantikan rak lama yang rusak atau sudah tidak layak pakai.

4. Jangan Biarkan Ada Rak Kosong

Space atau ruang kosong membantu menciptakan kesan yang melegakan di tokomu. Namun, membiarkan banyak ruang kosong tersedia antar rak adalah cara yang buruk untuk bikin tokomu jadi kurang menarik.

Pasalnya, adanya ruang kosong atau space kosong pada suatu rak akan membuat pelanggan merasa bahwa tokomu dikelola dengan asal-asalan atau setengah hati. Pelanggan pun bisa saja melihat kalau kamu tidak berniat untuk restock produk yang sudah habis.

5. Hindari Menumpuk Produk

Sebaliknya, penumpukan produk pun bukan sesuatu yang perlu dilakukan juga.

Bukan hanya kamu saja yang akan kewalahan mengatur dan merapikannya, tetapi juga hal ini akan menyulitkan pelangganmu yang sedang berbelanja. Pelangganmu akan frustrasi dalam menemukan produk yang ia cari dan bukan tidak mungkin, salah mengambil produk.

Kesimpulan

Selalu luangkan waktumu untuk memperhatikan dan mengevaluasi susunan produk dan rak display yang kamu punya. Dengan susunan produk dan rak display rapi dan sesuai adalah kunci bikin pelanggan tetap nyaman dan tertarik berbelanja di tokomu.

Contact Us