Figure Blog

5 Tren Metode Pembayaran yang Akan Makin Meledak di 2024! Apa Saja?

27 Dec 2023

Tren yang terus berkembang dan berubah bukan hanya akan muncul pada jenis dan proses usaha saja, tetapi juga pada metode pembayaran yang menjadi salah satu bagian krusial di dalamnya.

Di tahun depan, ada beberapa metode pembayaran yang dianggap akan semakin meledak dan banyak digunakan oleh pemilik usaha dan konsumen. Berikut ini adalah beberapa tren yang bisa kamu antisipasi mengenai metode pembayaran di tahun 2024!

5 Tren Metode Pembayaran di Tahun 2024

1. Buy Now, Pay Later

Walau sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tidak bisa dipungkiri metode buy now, pay later jadi metode pembayaran yang sangat menggoda.

Selain karena pelanggan bisa membeli barang tanpa mengeluarkan uang secara langsung, benefit dan beragam kemudahan yang ditawarkan penyedia pinjaman pun terasa menggiurkan dan memudahkan, seperti bunga yang super rendah sampai limit transaksi yang besar. 

Alhasil, tidak mengherankan bila nantinya semakin banyak fintech yang menjamur dan menawarkan beragam kemudahan yang lebih menarik lagi dan membuat konsumen memiliki semakin banyak pilihan untuk bertransaksi dan berbelanja.

2. Mobile Wallet

Pelan-pelan, dompet kini hanya digunakan sebagai sumber dana darurat dan bukan lagi sumber dana utama yang digunakan sebagai transaksi. Orang-orang mulai memilih untuk menyimpan uangnya di mobile wallet.

Bukan tanpa alasan orang-orang menggunakan teknologi semacam ini. Mudah digunakan, cepat, dan cukup menggunakan satu gawai saja untuk segala kebutuhan transaksi.

Di tahun 2024, teknologi ini diprediksi akan semakin sering digunakan dan juga semakin variatif bentuk dan fitur-fiturnya.

3. Mobile Payment

Sedikit berbeda dari mobile walletmobile payment mencakup scope atau jangkauan yang lebih besar bila dibandingkan mobile walletMobile payment dapat meliputi mobile e-commerceP2P payment, sampai dengan POS payment.

Dengan mobile payment, konsumen bisa melakukan pembayaran melalui smartphone atau bahkan tablet mereka sekalipun.

4. Social Commerce Payment

Berkembangnya social commerce memberikan jalan yang semakin mudah bagi pengusaha untuk berjualan dan konsumen untuk membeli sebuah produk melalui media sosial.

Terutama untuk konsumen, social commerce memungkinkan mereka untuk berbelanja dan membeli produk tanpa harus berpindah aplikasi atau situs ke e-commerce yang mereka sukai.

Di dalam social commerce, tersematkan fitur pembayaran yang jelas semakin mempermudah proses pembelian produk di media sosial. Konsumen akan langsung dibawa ke halaman pembayaran secara instan dan pembayaran bisa dilakukan dengan praktis.

5. Real-time Payment

Pembayaran bukan hanya semakin mudah saja, tetapi juga semakin cepat dan instan. Kamu bisa expect bahwa dana yang kamu transfer ke sebuah usaha atau seorang pemilik usaha bisa tiba di rekeningnya dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Di Indonesia sendiri, salah satu bentuk real-time payment yang sudah diterapkan adalah sistem BI-Fast. Dengan biaya layanan yang lebih rendah dan akses transfer 24/7, pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan aman.

Kesimpulan

Masa depan dari metode pembayaran adalah tentang kemudahan, kecepatan, dan keamanan. 5 tren di atas telah memiliki tiga aspek tersebut dan diyakini akan meroket ketika tahun 2024 tiba.

Buat kamu para pemilik usaha, saatnya persiapkan diri untuk mengantisipasi lonjakan beragam metode pembayaran di atas!

Contact Us