Menilai buku memang nggak boleh hanya dari sampulnya saja. Namun terkadang, sampulnya yang justru jadi salah satu alasan untuk membuat orang membukanya.
Hal ini pun juga berlaku ketika kamu memiliki toko fisik.
Agar kamu bisa menarik perhatian lebih banyak orang untuk masuk ke toko kamu, selalu ingat untuk terlebih dahulu fokus membangun storefront atau etalase toko yang atraktif buat banyak orang.
Storefront pada dasarnya adalah istilah lain untuk etalase atau tampak depan dari suatu toko.
Storefront adalah bagian yang krusial dari bisnis yang memiliki toko fisik. Storefront bisa dikatakan sebagai "wajah" dari bisnis kamu dan merupakan salah satu cara awal untuk menciptakan impression yang positif, meningkatkan awareness, dan menumbuhkan interest di dalam diri pelanggan.
Agar hal itu bisa kamu raih, coba kamu terapkan beberapa tips ini untuk merancang storefront atau etalase toko yang benar-benar memikat pelanggan!
Sumber: Freepik.com
Langkah awal untuk membuat orang-orang tertarik dengan toko kamu sesaat setelah mereka melihatnya adalah dengan menggunakan font yang tepat.
Font yang tepat untuk storefront atau etalase toko adalah font yang cantik, eye-catching, dan mudah dibaca di saat yang bersamaan.
Namun, jangan sampai font yang kamu pilih kontras dengan identitas brand kamu ya!
Temukan produk apa saja yang sedang jadi best seller di toko kamu. Produk best seller umumnya punya daya tarik tersendiri buat orang-orang yang lalu lalang.
Menariknya lagi, produk best seller seringkali berubah-rubah. Hal ini pun membantu kamu untuk menyegarkan display kamu dengan produk-produk best seller yang baru.
Kondisi malam hari yang gelap gulita harus kamu manfaatkan dengan maksimal. Artinya, kamu harus membuat tokomu lebih mudah dilihat ketika malam tiba.
Untuk melakukannya, gunakanlah lighting dengan maksimal agar toko kamu benar-benar bisa terlihat. Lighting yang digunakan pun harus se-catchy dan semenarik mungkin, entah itu terang maupun warna cahayanya. Hal ini diperlukan agar toko kamu bisa menarik lebih banyak perhatian.
Kalau kamu mau meng-highlight sudut tertentu dari toko kamu, cobalah gunakan spotlights yang juga mampu menambah terang dan bersinarnya toko kamu.
Salah satu peralatan yang mampu mempercantik dan menambah daya tarik toko kamu adalah dengan memanfaatkan sandwich board.
Sandwich board adalah papan kapur yang umumnya berbentuk huruf V yang terbalik. Papan ini bisa kamu isi dengan informasi mengenai toko kamu, promo yang sedang tersedia, hingga menjadi penunjuk atau penanda keberadaan toko kamu.
Tanaman adalah salah satu elemen yang bisa mendongkrak atmosfer dan daya tarik dari toko kamu.
Menggunakan tanaman seperti monstera, lidah mertua, hingga tanaman gantung bisa membantu storefront atau etalase toko kamu terlihat lebih segar dan positif. Toko kamu pun akan terasa lebih adem dan nyaman dilihat.
Tips menarik lainnya: Gunakan tanaman yang punya warna yang kontras dengan toko kamu agar etalase toko kamu bisa lebih catchy dan mudah ditangkap mata.
Cara menarik lainnya adalah dengan menempatkan wording atau quote menarik di jendela storefront kamu.
Kamu bisa menyematkan wording sepert "Sale!" atau slogan produk kamu. Kamu juga bisa menambahkan quote yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu jajakan untuk mempertegas identitas brand kamu. Dengan wording atau quote yang menarik dan catchy, orang-orang yang lewat akan lebih mungkin tertarik perhatiannya dan, bukannya nggak mungkin, mereka akan membagikan interior atau etalase toko kamu di media sosial.