Figure Blog

7 Cara Mempercepat Waktu Pembayaran di Kasir Demi Menjaga Kepuasan Pelanggan!

25 Oct 2022

Antrean mungkin adalah pemandangan terburuk dalam suatu toko.

Ada beragam penyebabnya, dan salah satunya adalah karena proses pembayaran di kasir yang tergolong lambat.

Bila dibiarkan terus-menerus setiap harinya, bukan nggak mungkin bila kepuasan pelanggan akan tergerus.

Untuk itu, kamu perlu menerapkan 7 cara ini agar kamu bisa mengurangi waktu pembayaran di kasir biar kamu tetap bisa menjaga kepuasan pelanggan!

7 Cara Mempercepat Waktu Pembayaran di Kasir agar Kepuasan Pelanggan Terjaga!

1. Gunakan Metode Pembayaran yang Variatif

Cara pertama untuk mempercepat waktu pembayaran di kasir yang mesti diterapkan adalah dengan menyediakan beragam metode pembayaran untuk pelanggan kamu.

Beragamnya metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan akan memberikan alternatif bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran.

Jika satu metode nggak berhasil atau saldo nggak mencukupi, pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang lainnya.

Hal ini akan membantu mempercepat waktu pembayaran di kasir dan bikin antrian nggak mengular hanya karena seorang pelanggan kebingungan harus membayar dengan metode pembayaran apa.

2. Beralih ke Struk Digital

Ketika berbelanja di toko, menunggu struk kertas untuk dicetak terlebih dahulu oleh kasir bisa menjadi kegiatan yang cukup menghabiskan waktu, meski hanya berlangsung kurang dari satu menit saja.

Namun, dalam melakukan pembayaran di kasir, waktu adalah hal yang berharga.

Daripada kamu menghabiskan waktu kurang dari satu menit untuk mencetak struk kertas, ada baiknya kamu mulai beralih ke struk digital.

Struk digital, selain lebih ramah lingkungan karena sifatnya yang paperless, lebih mudah dan cepat diproses. Alhasil, waktu pembayaran di kasir jadi lebih cepat.

3. Pakai Aplikasi Kasir yang User Friendly dan Mumpuni

Salah satu penyebab waktu pembayaran yang lambat dan antrean yang mengular di kasir adalah sistem atau aplikasi kasir yang sudah ketinggalan zaman, baik dari segi fitur maupun tampilan aplikasi.

Bila ini yang terjadi di toko kamu, artinya sudah waktunya kamu berinvestasi pada aplikasi kasir atau point of sale terbaru yang punya fitur mumpuni. Nggak hanya itu, carilah aplikasi kasir yang user friendly agar staf kamu bisa lebih memahami dan mudah mengoperasikannya.

4. Latih Staf Kamu

Masih berkaitan dengan poin nomor 3, aplikasi kasir yang mumpuni nggak akan bisa berjalan dengan baik apabila nggak dilengkapi dengan sumber daya manusia atau staf yang mampu menggunakannya.

Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi di aplikasi kasir terbaru, perkenalkan aplikasi kasir tersebut kepada mereka. Ajarkan mereka terkait cara pengoperasian aplikasi kasir tersebut dan mulai biasakan mereka menggunakannya.

Agar mereka lebih mudah memahami dan mengoperasikannya, kembali lagi, kamu harus benar-benar menemukan aplikasi kasir yang tepat secara fitur maupun tampilan.

Dengan aplikasi kasir yang mumpuni dan staf yang berpengalaman, kamu bisa lebih mudah mempercepat waktu pembayaran di kasir dan nggak bikin antrean yang berkepanjangan!

Ilustrasi Pembayaran di Kasir

Sumber: Freepik.com

5. Sediakan Credit Card Reader

Bisnis kamu punya cukup banyak permintaan untuk metode pembayaran dengan credit card? Saatnya gunakan credit card reader!

Dengan menyediakan pembayaran menggunakan credit card, proses pembayaran bisa lebih aman dan cepat bila dibandingkan menggunakan kartu debit atau cash. Waktu pembayaran di kasir pun semakin kilat!

6. Terapkan Konsep BOPIS (Buy Online, Pickup In Store)

BOPIS, atau yang merupakan singkatan dari Buy OnlinePickup In Store, adalah sebuah konsep di mana pelanggan bisa membeli produk di suatu toko secara online dan mengambilnya secara langsung di toko tersebut.

Konsep ini merupakan konsep yang praktis dan sangat memudahkan pelanggan. Alasannya, pelanggan bisa mendapatkan produk yang ia inginkan tanpa harus mengantre seperti ketika membeli produk langsung di toko.

Pelanggan cukup pilih produk dan lakukan pembayaran secara online, pesanan dikonfirmasi, lalu siap diambil. Kepuasan pelanggan pun tetap terjaga!

7. Batasi Jumlah Produk yang Kamu jual

Konsep "Less is More" adalah konsep yang perlu kamu terapkan ketika kamu ingin mempercepat waktu pembayaran di kasir.

Salah satu bentuk nyata dari penerapan konsep ini adalah dengan membatasi atau mengurangi produk yang kamu jual.

Dengan mengurangi jumlah produk yang kamu jual di toko kamu, itu artinya kamu nggak membebani pelanggan kamu dengan paradox of choice.

Pelangganmu jadi nggak perlu banyak berpikir ketika ingin memilih produk yang ingin dibeli. Alhasil, waktu pembayaran berujung jadi lebih cepat dan antrean nggak menumpuk!

Contact Us