Figure Blog

7 Cara Mudah Mencari dan Menemukan Ide Produk Baru untuk Bisnismu!

20 Oct 2022

Bagian tersulit dari membuat produk baru terkadang bukan ada pada pengembangannya, tapi pada bagaimana kamu bisa menemukan ide produk baru yang benar-benar pas dan menjual.

Namun, bagian ini nggak harus selalu jadi batu sandungan buat kamu.

Dengan 7 cara ini, kamu akan bisa memperoleh ide produk baru dengan lebih mudah!

7 Cara Tepat dan Mudah untuk Memperoleh Ide Produk Baru!

1. Pelajari Tren

Tren adalah sumber ide produk baru untuk bisnis kamu.

Melalui tren, kamu bisa mengetahui apa yang sedang hot atau dicari-cari oleh pelanggan.

Kamu bisa browsing di situs seperti Google Trends untuk mengetahui apa yang sedang hangat dicari oleh banyak orang. Kamu juga bisa terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui produk apa yang banyak dibeli.

Namun, kamu harus jeli juga: Nggak semua produk yang sedang tren bisa jadi ide produk baru untuk bisnismu.

Kamu harus mencari produk yang benar-benar bisa bertahan lama ke depannya, bukan hanya sekadar meroket dengan cepat dan kemudian hilang dalam waktu singkat.

2. Diskusi dengan Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, terkadang kamu hanya memiliki perspektif atau sudut pandang pebisnis.

Agar dapat menemukan ide produk yang baru, cobalah untuk mengubah perspektif kamu menjadi perspektif seorang pelanggan.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan banyak melakukan diskusi dan interaksi dengan pelanggan.

Rutin berdiskusi dengan pelanggan akan menambah wawasan kamu tentang bagaimana seorang pelanggan melihat suatu bisnis. Hal ini akan mempertajam sudut pandang kamu dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Ketika kamu banyak mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan serta cara pandang mereka, kamu akan mendapat banyak ide dan inspirasi untuk membuat produk baru.

3. Riset Kecil-kecilan di Online Marketplace

Salah satu channel penjualan paling populer seperti online marketplace adalah ladang yang subur untuk kamu mencari dan menemukan ide produk baru.

Di online marketplace, tak terhitung jumlah produk yang bisa kamu temui. Di sana, kamu bisa menemukan produk-produk dari yang sifatnya best seller hingga produk yang tergolong niche.

Kalau kamu ingin mencari produk yang lebih unik atau niche, kamu bisa bergeser sejenak ke online marketplace yang lebih kecil.

4. Cari Ide di Online Forum

Salah satu hal terbaik dari Internet adalah adanya online forum.

Sebagai tempat berbagi beragam informasi dan berdiskusi, online forum adalah tempat yang bisa jadi hampir nggak terlintas di kepala kamu ketika ingin mencari dan menemukan ide produk baru untuk bisnis kamu.

Kamu ingin mencari inspirasi soal desain dan kemasan produk? Kamu bisa coba ke Pinterest yang berisi visual dan gambar-gambar produk yang menarik.

Kamu ingin mencari ide produk lewat diskusi secara online? Ada situs seperti Quora atau Kaskus yang punya beragam forum yang mungkin bisa menarik perhatian kamu.

Ilustrasi Dua Orang Mencari Ide Produk

Sumber: Freepik.com

5. Terjun ke Lapangan

Selain banyak melakukan riset secara digital, kamu juga perlu melakukan riset secara langsung.

Misalnya dengan terjun ke lapangan.

Lihatlah langsung berbagai bisnis di lapangan yang serupa dengan milikmu. Cari tahu apa yang buat mereka unik dan ramai pembeli. Cari tahu bagaimana mereka beroperasi dan melayani pelanggan. Pahami setiap

Kalau kamu memiliki kenalan yang termasuk pelaku bisnis, kamu bisa berdiskusi dan mencari wawasan dan referensi.

Semakin banyak kamu berdiskusi, maka ide dan inspirasi akan semakin mengalir dan memudahkanmu untuk menemukan ide produk baru yang tepat untuk bisnismu.

6. Ide Produk Lama Masih Bisa Berguna

Ketika kamu pertama kali mengembangkan produk pertama untuk bisnismu, tentunya ada berbagai ide-ide yang batal terpakai atau kamu tunda untuk dikembangkan.

Nah, ide-ide lama ini sebenarnya berpotensi untuk punya value dan berubah menjadi produk yang bisa dijual apabila ditelisik dan didaur ulang menjadi lebih baru dan segar.

Oleh karenanya, jangan pernah singkirkan ide-ide lama yang kamu pikir sudah usang atau basi, karena siapa tahu, ide-ide tersebut ternyata bisa lebih menjual di masa yang mendatang.

7. Kembangkan Produk yang Sudah Ada di Pasar

Kalau kamu kesulitan untuk menemukan produk yang benar-benar beda atau baru yang belum banyak tersedia di pasar, kamu bisa coba kembangkan produk yang sudah lebih dulu eksis di pasar.

Mengembangkan produk yang sudah ada di pasar punya dua arti: Mengembangkan dari sisi kualitas (Lebih baik) dan juga keunikan (Lebih beda).

Dengan membuatnya jadi lebih baik dan beda, kamu akan bisa menciptakan produk baru yang bisa lebih kompetitif di pasar.

Kesimpulan

Itulah tadi 7 cara yang mudah untuk mencari dan menemukan ide produk baru.

Kini, saatnya kamu mulai bergerak dan aktif mencari dan menemukan ide produk yang baru. Siapa tahu kamu bisa lebih dulu menemukan ide produk yang belum terpikirkan oleh orang lain. Ini akan jadi kesempatanmu untuk lebih berkembang dan bersaing!

Contact Us