Customer satisfaction, customer loyalty, hingga customer retention adalah beberapa istilah yang mungkin sudah kamu kenali sebagai seorang pemilik usaha.
Ketiganya umumnya jadi goals atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu usaha.
Namun, jangan sampai kamu mengabaikan tujuan lainnya yang berhubungan dengan pelanggan kamu, yakni customer value!
Apa pengertian dari customer value, dan bagaimana meningkatkan customer value sehingga pelanggan bisa memandang produk atau jasa kamu dengan semakin positif?
Pada dasarnya, customer value adalah suatu istilah yang menggambarkan setiap fitur, benefit, dan keunikan yang berkaitan dengan produk atau jasa kamu dan dapat dipahami dan dinilai oleh pelanggan yang menggunakan produk atau jasa kamu.
Customer value lahir berkat adanya persepsi dan pemahaman yang berbeda-beda (Subyektif) dari pelanggan atas suatu produk atau jasa.
Pelanggan akan menilai produk tersebut berdasarkan banyak hal, seperti harga, kualitas, ciri khas, solusi, pengalaman pemakaian produk, hingga perbandingan dengan produk yang pernah ia pakai sebelumnya atau dengan produk lain yang serupa.
Agar produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada pelanggan bisa memiliki customer value yang nggak jauh berbeda dan positif, beberapa cara berikut bisa membantu kamu meningkatkan customer value dari produk atau jasa kamu!
Cara awal paling mudah untuk mulai meningkatkan customer value dari usaha kamu adalah dengan membuka diri untuk menerima dan mendengarkan banyak masukkan.
Menerima feedback memungkinkan pelanggan kamu untuk bersuara dan menyampikan pendapatan dan masukkan mereka untuk usaha kamu. Di sisi lain, menerima feedback akan membantu kamu mengetahui apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dari produk hingga layanan yang kamu berikan.
Dari setiap feedback yang kamu terima, prioritaskan mana hal yang perlu kamu tingkatkan dan perbaiki.
Setelahnya, apabila perbaikan atau peningkatan sudah kamu lakukan (Baik untuk produk atau jasa kamu), kamu bisa memberikan update kepada pelanggan melalui media sosial atau menghubungi pelanggan melalui email.
Dengan menginformasikan hal tersebut, pelanggan akan merasa senang karena dua hal: Mereka merasa didengarkan dan mereka bisa menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan kualitas dan layanan yang lebih baik.
Tentunya setiap pelanggan kamu memiliki selera atau preferensi yang berbeda-beda. Perbedaan preferensi ini, seperti produk yang biasa dibeli, metode pembayaran, hingga bonus produk gratis tertentu, mesti bisa kamu pelajari agar kamu bisa memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan.
Pengalaman yang lebih sesuai dengan apa yang pelanggan suka dan inginkan akan membuat mereka jadi makin nempel dengan usaha kamu dan nggak akan bikin mereka kabur ke kompetitor.
Sumber: Freepik
Kesetiaan butuh diberikan apresiasi, dan hal ini berlaku di dalam hubungan antara kamu dengan pelanggan.
Ketika pelanggan sudah memutuskan untuk setia atau loyal untuk terus membeli produk atau menggunakan jasa kamu (Dengan berpartisipasi dalam loyalty program yang kamu tawarkan), maka kamu perlu memberikan apresiasi yang terbaik.
Apresiasi ini bisa sesederhana ucapan terima kasih, gift card, hingga produk gratis. Apresiasi ini bisa kamu berikan satu per satu sesuai sistem loyalty program yang kamu tawarkan.
Siapa yang nggak suka dikejutkan dengan kejutan yang menarik?
Memberikan kejutan yang menyenangkan dan rewarding untuk pelanggan kamu akan bikin mereka semakin dekat dengan usaha kamu. Mereka akan memandang usaha, produk, hingga jasa kamu dengan value yang benar-benar tinggi.
Misalnya, setiap bulannya, kamu bisa memilih 5 orang pelanggan untuk diberikan kejutan seperti freebies hingga diskon.
Ketika membeli produk atau menggunakan jasa dari usahamu, pelanggan yang akan pertama kali menggunakannya tentu merasa asing dengan apa yang mereka beli.
Untuk itu, sebagai pemilik usaha, kamu perlu menyediakan informasi yang komprehensif (Menyeluruh) dan lengkap mengenai cara menggunakan produk atau memakai jasa dari usaha kamu.
Misalnya, kamu bisa menyediakan halaman FAQ dengan berbagai jawaban yang mungkin pelanggan kamu butuhkan sampai memberikan juga informasi berupa buku atau video panduan untuk memudahkan pelanggan untuk mempelajari cara memakai produk dan jasa kamu.
Semua hal di atas nggak akan lengkap apabila kamu nggak memiliki customer support yang responsif dan tersedia di berbagai channel.
Kualitas customer support dalam menjawab dan merespon komplain dan kebutuhan pelanggan, sampai dengan ketersediaan customer support di berbagai channel yang mudah dijangkau pelanggan, akan menentukan customer value dari pelanggan terhadap usaha kamu.
Semakin baik dan sesuai solusi yang diberikan dan semakin mudah pelanggan menjangkau customer support kamu, maka customer value akan lebih mudah naik.