Figure Blog

7 Ide Bisnis Tanpa Modal Terbaik untuk Belajar Jadi Pebisnis!

6 Jun 2023

Ketika akan membuka usaha atau bisnis sendiri untuk pertama kali, terbatasnya modal kerap kali jadi hambatan.

Hal ini pun berpotensi membuat kamu nggak bisa mewujudkan ide bisnis kamu dengan maksimal.

Daripada memusingkan hal tersebut, kamu bisa coba memakai beberapa ide bisnis berikut ini yang hampir nggak memerlukan modal sama sekali!

Belajar Jadi Pebisnis dengan Coba 7 Ide Bisnis Tanpa Modal Ini!

1. Menjual Online Course

Ingin dapat uang sambil membantu orang lain belajar? Menjual online course bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kalau kamu punya keahlian tertentu, kamu bisa mencari platform khusus untuk menjual online course yang terkait dengan keahlianmu. Misalnya, kamu punya keahlian terkait desain, kamu bisa menjual online course berupa ebook atau video di platform tersebut.

Cuma dengan keahlian pribadi kamu sebagai modal bisnisnya, orang lain bisa dapat ilmu, kamu pun bisa dapat uang!

2. Consulting

Kalau kamu merasa ahli di bidang tertentu, misalnya bisnis, manajemen, atau sumber daya manusia, dan mampu memberikan insight yang baik dan menarik, kamu membuka jasa konsultasi sendiri.

Dengan menjadi seorang konsultan, kamu bisa memberikan masukan dan pendapat yang dibutuhkan para pelaku usaha atau organisasi untuk berkembang. Cukup dengan memberikan nasehat yang jitu dan tepat, uang akan datang sendiri kepadamu!

3. Layanan Web Design

Kini, siapapun bisa membuat desain website sendiri. Ada begitu banyak tools yang memungkinkan orang-orang yang nggak memiliki keahlian dalam web design untuk membuat website-nya sendiri sesuai keinginannya.

Namun, hal itu bukan berarti layanan web design akan mati begitu saja. Layanan tersebut masih tetap dibutuhkan.

Pasalnya, orang-orang yang memiliki keahlian web design secara spesifik punya keunggulan yang selangkah lebih baik dalam merancang desain web yang benar-benar baik, layak, dan nggak asal-asalan.

4. Freelance Writing

Kamu punya keahlian menulis untuk marketing atau membuat copywriting, sulap saja keahlianmu ke layanan freelance writing!

Bisnis ini cuma butuh keahlian menulis kamu, laptop, dan koneksi Internet. Demand-nya sendiri tergolong tinggi karena kini berbagai jenis usaha butuh konten yang benar-benar mampu connect dengan pelanggannya.

Jenis layanannya pun bisa kamu variasikan. Kamu bisa menyediakan layanan copywritingcontent writingblogging, sampai email marketing.

Sekelompok Orang Memulai Bisnis Sendiri

Sumber: Freepik

5. Personal Chef

Menjadi koki pribadi bisa kamu jadikan pilihan bisnis yang menarik. Hal ini dikarenakan ada segelintir orang yang memang membutuhkan orang-orang yang memahami preferensi dan kebutuhan makanan mereka.

Di samping itu, banyak orang mulai mempercayakan personal chef untuk beberapa private event mereka.

Untuk itu, kalau kamu ingin menjadi personal chef, kamu nggak hanya perlu punya keahlian memasak, tetapi juga pemahaman dan pengetahuan soal beragam bahan baku dan sajian.

Semakin variatif pengetahuanmu soal bahan baku dan sajian yang bisa kamu olah, maka kamu lebih mudah dipercaya menjadi personal chef.

Apalagi, pengguna jasa personal chef umumnya dari kalangan menengah ke atas, yang berarti kucuran pendapatan yang kamu terima juga nggak main-main!

6. Layanan Akuntansi dan Keuangan

Mengelola dan menghitung uang memang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, salah sedikit saja bisa mengacaukan laporan keuangannya.

Karena inilah, untuk kamu yang ahli dalam proses akuntansi dan pencatatan keuangan, layanan akuntansi dan keuangan bisa kamu coba. Kamu bisa menawarkan jasamu kepada berbagai UMKM yang membutuhkan pencatatan akuntansi dan keuangan yang terjangkau.

7. Dropshipping

Rasa-rasanya, kalau bicara soal bisnis tanpa modal, dropshipping nggak boleh dilupakan begitu saja.

Cukup bermodalkan smartphone, koneksi Internet, dan koneksi dengan supplier pilihanmu, kamu bisa menjual barang tanpa perlu memiliki atau mengelola barang tersebut secara fisik.

Sederhananya, kamu bisa dapat untung hanya dengan menjual barang tanpa toko!

Contact Us