Berada di era digital seperti sekarang memungkinkan kamu untuk menggunakan beragam strategi pemasaran digital untuk bisnis kamu.
Namun, nggak semuanya bisa diterapkan untuk bisnis kamu. Hal ini bisa dikarenakan beberapa hal, seperti biaya yang nggak murah hingga tingkat kerumitan dari tiap strategi ada.
Nah, kalau kamu mencari strategi pemasaran digital yang murah dan mudah, pembahasan kali ini tepat buat kamu.
Kali ini, kamu akan melihat strategi pemasaran digital yang murah, mudah kamu terapkan, namun jarang dilirik oleh banyak bisnis!
Strategi pemasaran digital pertama yang bisa kamu terapkan adalah personalisasi.
Personalisasi merupakan cara dari suatu bisnis untuk memenuhi pesanan atau kebutuhan pelanggannnya sesuai dengan permintaan spesifik yang diinginkan. Artinya, setiap produk yang dibuat bisnis kamu perlu benar-benar memperhatikan keinginan dan selera dari pelanggan secara personal.
Strategi pemasaran ini juga bisa dilakukan secara digital. Misalnya, kamu bisa memberikan berbagai pilihan warna yang beragam untuk pelanggan kamu atau membuat konten media sosial yang diinginkan atau di-request oleh pengikut kamu di media sosial.
Strategi pemasaran digital selanjutnya adalah dengan menjadi lebih responsif terhadap online review mengenai bisnis kamu.
Dengan merespon online review mengenai bisnis kamu di berbagai platform, artinya kamu menunjukkan bahwa kamu benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan pelanggan terhadap kamu. Dari online review, kamu juga bisa memperoleh banyak masukan dan kritik yang bisa kamu manfaatkan untuk pengembangan bisnis kamu ke depannya.
Semakin aktif kamu merespon online review yang pelanggan berikan untuk bisnis kamu, semakin kamu dapat meningkatkan reputasi bisnis kamu secara digital dan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pelanggan kamu.
Salah satu strategi pemasaran digital yang menarik lainnya yang bisa kamu terapkan adalah program referral.
Penerapan program referral memungkinkan pelanggan kamu untuk merekomendasikan bisnis kamu kepada orang-orang terdekatnya, seperti teman-teman dan keluarganya, sembari memperoleh reward setelah melakukan rekomendasi.
Program referral bisa menjadi pilihan strategi pemasaran digital yang menarik. Program referral dapat dikatakan menggabungkan word of mouth dan reward program. Strategi ini akan memudahkan kamu untuk mempertahankan pelanggan setia dan mendapatkan pelanggan baru di saat yang bersamaan.
Kalau bisnis atau UMKM kamu memiliki toko fisik, kamu harus mendaftarkan toko kamu ke dalam online directory.
Kehadiran bisnis di online directory akan bikin pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah menemukanmu. Mereka pun dapat membaca online review yang telah diberikan pelanggan lain mengenai toko fisik kamu. Mereka pun bisa mengetahui informasi umum tentang bisnis kamu, seperti jam operasional, profil singkat bisnis, hingga melakukan Q&A dengan sesama pelanggan lainnya.
Singkatnya, strategi pemasaran digital ini adalah wajah bisnismu secara digital selain menggunakan media sosial.
Kalau kamu sudah cukup lama berkecimpung di dalam bisnis kamu dan sudah punya basis pelanggan yang cukup kuat, mengadakan webinar adalah salah satu strategi pemasaran digital yang cukup ampuh.
Selain bisa membantu kamu mempertahankan pelanggan setia, webinar juga dapat dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru. Kamu bisa menggaet pelanggan baru lewat sharing atau pengalaman yang kamu berikan atau dengan bekerja sama berbagai event dan influencer.
Di era digital ini, pemasaran secara digital harus lebih cerdas dan nggak hanya mengandalkan produk saja. Kamu mesti mengandalkan informasi dan edukasi tentang bidang yang kamu kuasai untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Walau bisnis kamu masih berkembang atau baru berumur kurang dari 5 tahun, kamu tetap bisa bekerja sama dengan influencer! Kamu bisa menggunakan micro-influencer dalam strategi pemasaran digital kamu.
Micro-influencer pada dasarnya adalah salah satu tipe influencer yang punya basis pengikut atau followers yang jauh lebih kecil bila dibandingkan influencer pada umumnya. Biasanya, micro-influencer memiliki hanya sekitar ribuan atau puluhan ribu pengikut saja.
Meski tergolong kecil, keunggulan utama dari micro-influencer adalah relasinya yang lebih intim dan lebih kuat dengan para pengikutnya. Pasalnya, jumlah basis pengikutnya yang nggak terlalu besar memungkinkan mereka untuk membangun relasi lebih dekat dengan para pengikutnya.
Oleh karena itu, para pengikut dari micro-influencer biasanya akan lebih aktif dan punya loyalitas yang lebih kuat.
Strategi pemasaran digital lainnya yang murah, mudah, dan nggak banyak diterapkan adalah automated message atau chatbots.
Pada dasarnya, strategi pemasaran digital ini akan membantu meringankan tugas kamu dalam membalas pesan masuk dari pelanggan kamu.
Ketika kamu sedang fokus mengurus transaksi dari satu pelanggan dan tiba-tiba ada pelanggan lain yang bertanya soal produk lain, automated message atau chatbots ibarat asisten kamu yang akan membantu kamu menjawab pesan tersebut.
Di samping itu, automated messages juga bisa membantu kamu untuk mengirimkan pesan khusus, seperti pesan promo atau produk baru kepada pelanggan yang sudah pernah berbelanja di toko kamu. Dampaknya, kamu jadi bisa meningkatkan potensi transaksi dan mempertahankan pelanggan setia kamu.