Figure Blog

8 Cara Membuat Promo Terbatas yang Beda dan Efektif Meningkatkan Penjualan!

26 Oct 2022

Promo terbatas atau limited time offer adalah salah satu cara yang paling umum diterapkan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnismu.

Namun, penerapannya masih seringkali hit & miss.

Agar promo terbatas dari bisnis kamu bisa berjalan efektif untuk meningkatkan penjualan sekaligus tampil beda di pasaran, 8 cara yang kami berikan ini bisa membantu kamu!

8 Cara Bikin Promo Terbatas yang Beda dan Efektif untuk Meningkatkan Penjualan!

1. Jangan Berlebihan

Dalam membuat promo terbatas untuk meningkatkan penjualan, satu hal yang perlu kamu ingat: Jangan membuat promo secara berlebihan.

Membuat promo yang berlebihan di sini bukan hanya soal desain dan penulisan, tetapi soal frekuensi kamu membuatnya.

Ketika kamu membuat promo terbatas dengan frekuensi yang cukup sering, katakanlah dua minggu sekali, maka promo tersebut nggak akan punya dampak yang besar buat orang-orang yang membacanya.

Maka dari itu, promo terbatas baiknya dilakukan pada momen-momen tertentu, misalkan pada hari-hari besar atau momen spesial tertentu.

2. Singkat namun Ngena

Terkait dengan penulisan atau copywriting dari promo terbatas yang kamu buat, selalu gunakan copywriting yang singkat.

Jangan sampai kamu menyampaikan promo terbatas yang kamu tawarkan dengan copywriting yang terlalu panjang. Sejatinya nggak masalah, namun baiknya tetap membuat copywriting-nya singkat dan padat agar lebih mudah menarik perhatian dan dipahami pembaca.

Selain itu, dalam singkatnya copywriting yang kamu buat, pastikan agar copywriting tersebut punya efek yang besar ke pembaca dan bisa menarik pembaca untuk tahu lebih lanjut atau bahkan mendapatkan promo tersebut.

3. Fokus pada Benefits

Agar promo terbatas yang kamu buat bisa lebih mantap lagi, cobalah selipkan benefits di dalamnya.

Daripada hanya bilang "Dapatkan Promo", kamu bisa bilang "Dapatkan Promo Biar Lebih Hemat!"

Promo terbatas yang dibuat dengan menonjolkan benefits akan membuatnya jadi semakin menarik karena menunjukkan bahwa promo itu memiliki dampak yang bisa memengaruhi kehidupan pembacanya.

Ketika pembaca merasa bahwa hidupnya akan dimudahkan atau kebutuhannya bisa dijawab dengan promo terbatas kamu, maka mereka nggak akan ragu membelinya dan pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan kamu.

4. Tawarkan Free Delivery

Agar promo terbatas yang kamu berikan bisa semakin nendang, kamu bisa menyertakan penawaran free delivery.

Menawarkan free delivery bisa membantu menambah value dari promo terbatas yang kamu sediakan, menggoda pelanggan untuk lebih tertarik lagi mendapatkannya.

Kalau kamu nggak bisa memberikan promo terbatas dengan nominal yang cukup besar, tambahkan free delivery sebagai bagian promo tersebut.

Pasalnya, free delivery adalah magnet bagi banyak orang dan membantu kamu meningkatkan penjualan dengan cepat!

Promo Terbatas

Sumber: Freepik.com

5. Berikan Petunjuk yang Menarik

Promo terbatas nggak bisa serta-merta ditawarkan begitu saja.

Biar semakin menarik dan menambah rasa penasaran, kamu bisa memberikan petunjuk-petunjuk kecil atau hints tertentu. Ajak pembaca kamu untuk menebak promo apa yang akan kamu berikan.

Kamu juga bisa menyertakan beberapa rewards kecil bagi mereka yang berhasil menebak promo terbatas yang akan kamu tawarkan.

Dengan memberikan hints menarik dan mengajak pembaca untuk menebaknya memungkinkan kamu untuk meningkatkan minat dan rasa penasaran pembaca sekaligus meningkatkan interaksi dan engagement antara kamu dan mereka.

6. Desain yang Eye Catching

Apalah sebuah promo yang kamu tawarkan tanpa desain yang menarik perhatian.

Rasa-rasanya nominal promo yang besar akan sia-sia dan nggak banyak menarik perhatian apabila desainnya membosankan.

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu memahami bahwa salah satu hal untuk menarik orang untuk memperhatikan promo yang kamu buat adalah dengan desain yang benar-benar eye catching dan mudah ditangkap mata.

Namun, walaupun sudah eye catching, pastikan agar desain kamu sesuai dengan persona dari brand kamu agar promo yang kamu buat bisa semakin stand out dari brand lainnya.

7. Tawarkan Produk / Pengalaman yang Menarik

Promo terbatas memang menarik. Namun, apa jadinya promo terbatas tanpa produk yang menarik?

Tentu saja hasilnya akan sia-sia apabila produk yang kamu tawarkan nggak punya daya tarik tersendiri.

Untuk membuat promo terbatas yang lebih menarik dan benar-benar stand out, selalu tanyakan kepada dirimu sendiri: "Apa yang bisa bikin promo yang saya buat jadi berbeda dengan promo-promo lainnya?" atau "Produk atau experience apa yang bisa saya tawarkan sehingga promo saya bisa beda dari yang lainnya?"

8. Sajikan Trigger untuk Perasaan Pembaca

Permainan perasaan perlu jadi bagian dari promo terbatas yang kamu buat.

Nominal promo atau produk yang ditawarkan memang bisa bikin pelanggan tergoda, namun kamu harus punya trigger yang bisa semakin mengaduk-aduk perasaan pembaca dan pada akhirnya bikin mereka tertarik untuk mendapatkan promo tersebut.

Untuk itu, kamu memerlukan trigger dalam promo terbatas yang kamu buat.

Trigger di sini berarti copy yang menunjukkan urgency dan mampu mendorong pembaca untuk segera membeli produk kamu.

Misalnya, kamu bisa menambahkan copy seperti "Produk tersisa..." atau "Promo berakhir dalam..."

Dengan trigger yang kamu selipkan di dalam promo terbatas yang kamu tawarkan, kamu bisa membuat promo terbatas dengan daya tarik yang kuat.

Contact Us