Figure Blog

8 Metode Ampuh untuk Kurangi Lead Time Pesanan Bahan Baku!

25 Jan 2023

Dalam menjalani operasional usaha, kehadiran bahan baku yang dipesan menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu untuk menjamin proses produksi dan operasional tetap berjalan seperti biasa.

Sayangnya, pesanan bahan baku yang tiba terlambat bisa menjadi batu sandungan yang bikin proses produksi dan operasional jadi kurang lancar.

Demi mengurangi lead time atau lamanya waktu pesanan bahan baku tiba di gudang kamu, 8 metode ini bisa kamu terapkan!

8 Metode Mengurangi Lead Time Pesanan Bahan Baku

1. Hitung Lead Time Normal

Ketika kamu mulai mengalami masalah dengan lead time yang berlarut-larut, maka kamu perlu untuk menghitung kembali lead time normal atau waktu yang biasanya dibutuhkan oleh suatu bahan baku untuk tiba di gudang kamu.

Untuk melakukan perhitungannya, kamu perlu memakai rumus berikut:

Lead Time: Tanggal Pengiriman - Tanggal Pemesanan

2. Kerja Sama dengan Pemasok Lokal

Alih-alih membangun kerja sama dengan pemasok yang ada di luar kota atau yang punya jarak jauh, kamu bisa mulai kerja sama dengan pemasok lokal.

Pemasok lokal, dalam konteks ini, berarti pemasok yang berada di lingkungan sekitar usahamu atau di kota tempat usahamu berada.

Dengan memiliki pemasok yang punya jarak dekat dengan usahamu, waktu pemesanan bisa lebih singkat dan kamu bisa segera menerima bahan baku atau produk yang kamu pesan lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

3. Buat Kesepakatan dengan Pemasok

Untuk meminimalisir risiko mengenai pengiriman produk dan menjaga profesionalitas, ada baiknya kamu dan pemasok kamu membuat kontrak atau kesepakatan kerja yang mengikat.

Kontrak atau kesepakatan kerja ini juga dapat menjadi pengingat bila sewaktu-waktu ada pelanggaran atau sesuatu yang dilakukan di luar kesepakatan yang ada.

4. Kurangi Kuantitas Pemesanan

Lead time yang lama dapat disebabkan oleh tingginya jumlah produk atau bahan baku yang dipesan. Pasalnya, jumlah produk atau bahan baku yang lebih banyak butuh pemrosesan yang lebih lama.

Untuk mengakali hal ini, kamu bisa mengurangi kuantitas pemesanan namun melakukan pemesanan dengan lebih sering atau rutin. Pemrosesan pemesanan jadi lebih cepat dan lead time pun bisa berkurang.

Kurir Pengiriman Barang Mengantarkan Barang dengan Cepat

Sumber: Freepik

5. Lakukan Pemesanan Lebih Awal

Kamu juga bisa menerapkan langkah antisipatif dalam mengurangi lead time.

Langkah antisipatif tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pemesanan bahan baku lebih awal. Hal ini untuk menghindari kondisi-kondisi di luar kendali yang mungkin akan terjadi, seperti cuaca ekstrim.

6. Miliki Data Persediaan yang Akurat

Data persediaan bahan baku yang akurat adalah "bahan" rahasia yang akan memudahkan kamu untuk mengelola bahan baku hingga mengurangi lead time.

Lewat data persediaan yang akurat, kamu akan tahu kapan harus melakukan pemesanan bahan baku yang dibutuhkan dan mana saja bahan baku yang harus kamu restock.

Data persediaan yang akurat bisa kamu peroleh dengan menggunakan sistem manajemen gudang yang akurat seperti Onstock. Di samping itu, Onstock juga menyediakan reminder bagi produk atau bahan baku yang akan habis dan kadaluarsa, membantu kamu restock di saat yang tepat!

7. Lakukan Penyesuaian di Hari Besar

Permintaan produk bisa dipastikan akan melonjak apabila menjelang momen spesial atau hari besar.

Ketika hari besar sudah semakin dekat, kamu perlu segera mengantisipasinya dengan melakukan pemesanan lebih awal yang disesuaikan dengan jumlah permintaan.

Jangan sampai kamu baru memesan ketika dalam kondisi yang mepet, seperti H-5 atau H-4 hari besar. Barang yang kamu pesan akan berpotensi terlambat tiba.

8. Coba Kurir Pengiriman Baru

Kalau kamu rasa kurir pengiriman yang biasa kamu gunakan sudah mulai nggak memuaskan secara kecepatan dan performa pengiriman, maka ada baiknya kamu mencoba menggunakan kurir pengiriman baru atau jenis pengiriman baru yang lebih cepat.

Mungkin kamu bisa mencoba pengiriman yang instan atau same day. Kamu juga bisa mencoba jenis pengiriman 1 hari. Namun, untuk pengiriman yang cepat, jangan lupa mempertimbangkan biaya pengirimannya ya! 

Contact Us